3 CARA BETERNAK LELE PANEN CEPAT

ternak lele
ternak lele
Pasar akan kebutuhan lele semakin hari semakin meningkat. Kebutuhan baik untuk konsumsi maupun untuk impor sudah sangat kewalahan untuk beberapa pengepul lele. 

Bahkan untuk harga lele sendiri di setiap daerah sudah meningkat tajam. Konsumsi akan lele lebih besar daripada konsumsi ayam. 

Walaupun secara nasional konsumsi lele masih kalah dengan tingkat konsumsi daging sapi.

Ternak lele atau budidaya lele sebenarnya cukuplah mudah. Dan bisa di bilang usaha ternak lele di nilai sebagai usaha yang sangat murah meriah. Perawatan yang gampang dan pasca jual yang menjanjikan. 

Sehingga banyak masyarakat yang mulai menggeleluti usaha ini. Walaupun Gampang tapi ada sebagian masyarakat yang akhirnya gulung tikar diakibatkan oleh ketidak tahuan dalam membudidayakan lele. 


3 CARA BETERNAK LELE PANEN CEPAT

LELE PANEN CEPAT
LELE PANEN CEPAT

Dan pada umumnya mereka tidak mengerti akan satu hal yang teramant penting dalam budidaya lele. Sebelum kita membicarakan hal yang penting dalam ternak./ budidaya lele maka ada hal hal yang perlu di sipakan agar target panen dengan cepat bisa terpenuhi.

1. Buat kolam dengan baik

Kolam adalah media dimana sebagai tempat hidup lele. Untuk Lele besar idealnya satu meter persegi diisi oleh lele dewasa berjumlah 200 ekor dan untuk lele kecil bisa di isis dengan jumlah 1000 ekor. 

Untuk membuat kolam yang ideal harus mempunyai beberapa persyaratan diantara;

- Ada pembuangan untuk air. Pembuangan ini bisa di buatkan baik dari paralon atau pembuangan langsung.

- Ada saluran air umtuk air masuk sebagai tempat sirkulasi air.

- Untuk kolam tanah sebaiknya tidak bisa di gunakan untuk pembesaran atau pembibitan. Di sarankan agar kolam tanah khusus sebagai tempat indukan agar bisa produksi cepat atau bahasa kerennya matang gonad.

2. Pilih BIBIT untuk pembesaran

Istilah Bibit yang baik dan bagus sebenarnya tergantung daru kualitas indukan dan jenis dari bibit tersebut. 

Untuk jenis indukan yang baik di harapkan agar memenuhi standart dalam budidaya lele. atau kita bisa membeli indukan dari balai balai perikanan yang di miliki pemerintah. 

Karena kebanyakan  balai balai milik pemerintah mengeluarkan indukan bersertifikat dan terjamin dari keturunannnya.

Adapun Untuk Jenis indukan yang baik untuk pembesaran yang cepat disarankan agar menggunakan anakan dari jenis lele Sangkuriang. Lele sangkuriang terkenal dengan cepat besar dan tahan penyakit

3. Lakukan penyortiran

Poin inilah yang terpenting karena di poin penyortiran ini lele bisa kita panen dengan cepat. Penyortiran ini bertujuan agar pakan yan di berikan pada lele bisa merata, Penyortiran ini hanya mengambil lele yang lebih cepat perkembangannya agar tidak mengganggu lele yang kurang perkembangannya.

No comments

Powered by Blogger.