Budidaya Ikan Patin Mudah Dan Menguntungkan

BUDIDAYA IKAN PATIN MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN - Ikan patin salah satu ikan yang banyak di konsumsi masyarakat. Berbagai olahan dibuat seenak mungkin sehingga sangat menggoda orang-orang. Ikannya pun besar dan tidak bersisik seperti ikan biasanya, jenis ikan ini sangat mirip sekali dengan ikan lele. 

Dengan banyaknya pesanan untuk di olah menjadi santapan yang lezat, tentunya ini menjadi peluang yang besar untuk anda melakukan budidaya ikan patin ini. Semakin banyak yang mengkonsumsi ikan jenis ini, semakin menguntungkan bagi anda.

BUDIDAYA IKAN PATIN MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN

Budidaya Ikan Patin
Ikan Patin

Budidaya ikan patin di berbagai tempat

Untuk memulai budi daya ikan patin, pastinya anda harus menyiapkan tempat pengelolaannya. Anda bisa melakukannya di kolam tembok, sungai atau juga kolam air tawar. 

Tapi tentunya ketika memilih kolam anda harus mengetahui struktur tanahnya dengan benar, karena ini akan mempengaruhi kualitas dari budidaya ini. Tanah liat menjadi pilihan utama ketika anda akan memulai membuat kolamnya. 

Dengan kemiringan 3 persen, pastikan jika air yang ada pada kolam tersebut bersih, jauh dari bahan-bahan kimia berbahaya. Anda juga harus mengatur suhu air pada kolam tersebut sampai 26 dan 28 derajat selsius. Setelah di siapkan kolamnya, selanjutnya ada beberapa tahapan yang haru di lakukan. Dari mulai pembenihan, pemijahan, pemeliharaan sampai masa panen. 

Untuk pembenihannya sendiri, anda harus menyiapkan tiga kolam berbeda sebagai tempat pemeliharaan induk, tempat pemijahan sampai tempat pendederan. Cara pemijahan ini, anda harus memilih bibit ikan patin yang benar-benar berkualitas. Lakukanlah perawatan terhadap induk ikan patin secara inten, anda bisa melakukannya di sangkar terapung. Tahap budidaya ikan patin selanjutnya yaitu pemeliharaan, cara melakukannya dengan memperhatikan kualitas air kolam, pastikan bahwa air tidak kotor.

Selanjutnya pemberian makan secara teratur, biasanya makanan ini di berikan dua kali sehari. Pada tahap terakhir, barulah menuju masa panen ikan patin. Untuk mencapai masa panen, anda harus menunggunya sampai 6 bulan lamanya. 

Cara menangkap ikannya pun sangat mudah. Anda bisa langsung menagkapnya secara manual tetapi jangan sampai mengotori air kolam, juga lebih baik tidak memakai jala karena itu akan melukai ikan patinnya. Mudah bukan budidaya ikan patin ini ? Bersiaplah kedatangan orang-orang yang menanti ikan patin anda.

Pencarian terkait: budidaya ikan patin di kolam terpal, video budidaya ikan patin, budidaya ikan patin di kolam, budidaya ikan patin pdf, budidaya ikan patin di kalimantan selatan, cara budidaya ikan patin di kolam terpal, resensi budidaya ikan patin di kolam terpal, buku budidaya ikan patin di kolam terpal.


Baca Juga;

No comments

Powered by Blogger.