CARA BUDIDAYA IKAN GABUS DENGAN MUDAH

CARA BUDIDAYA IKAN GABUS DENGAN MUDAH  - Ikan gabus sangat bermanfaat untuk dikonsumsi karena kandungan proteinnya sangatlah tinggi. Selain itu, ikan ini memiliki nilai jual tinggi seperti bisa diolah menjadi gabus asin. Tak heran jika gabus asin ini menjadi favorit banyak orang. 

Ikan gabus biasanya berkeliaran di sungai-sungai sehingga banyak orang yang asyik sekali memancing ikan ini. Jika anda ingin mengelola ikan yang banyak manfaatnya ini, anda bisa melakukan budidaya ikan gabus dengan mudah. Peluang usaha ini cukup popular di masyarakat karena konsumsi ikan gabus sudah lumrah di pasaran.

Budidaya ikan gabus sangat mudah


CARA BUDIDAYA IKAN GABUS DENGAN MUDAH
Ikan Gabus
Berbeda dari ikan lainnya, untuk melakukan budidaya ikan gabus ini tidak terlalu merepotkan. 

Baca Juga : Hal dasar dalam budidaya ikan air tawar 

Proses yang pertama adalah pemijahan, dimana ini merupakan langkah awal induk untuk mengeluarkan telur. 

Anda bisa menyediakan kolam sederhana ataupun menyimpannya di bak beton. Satu ekor induk gabus bisa menghasilkan lebih dari 11 ribu butir telur. 

Pada proses ini, anda bisa memasukan tumbuhan air untuk menjadi perangsang si betina.

Setelah itu pindahkan telur ke dalam aquarium lalu tunggu 1 hari sampai telur menetas. 

Berilah pakan setelah telur berusia dua harian karena ketika mulai menetas, ikan ini tidak perlu diberikan pakan. Budidaya ikan gabus paling penting adalah proses penebaran bibit. 

Anda harus menyiapkan kolam yang sudah diisi air selama 5 hari, setelah itu kolam bisa diisi bibit yang berusia 1 mingguan. 

Anda bisa menebarkan bibit di pagi hari dan tunggu 2 hari untuk di beri pakan yang pada awalnya telah di rendam terlebih dahulu. 

Tahap akhir yaitu masa panen ikan gabus , dari awal pembibitan sampai masa panen anda harus menunggu sampai 3 minggu lamanya.

Sangat mudah bukan? Tidak ada proses khusus untuk budidaya gabus ini. Yang terpenting anda harus mengontrolnya dengan baik dan memberikan pakan yang mengandung nilai gizi tinggi. 

Jika ingin menghasilkan ikan gabus yang bagus, segar dan besar maka kualitas pakannya pun harus terjamin. 

Selalu control kebersihan aquarium saat proses penetasan telur. Kualitas air yang baik akan mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam penetasan telur ikan gurame.

Usaha ini akan menjadi peluang anda untuk mendapatkan penghasilan karena budidaya ikan gabus sangat menjanjikan.

Pencarian terkait: budidaya ikan gabus kolam terpal, budidaya ikan gabus di kolam, tips budidaya ikan gabus, makalah budidaya ikan gabus, cara budidaya ikan gabus, budidaya ikan gabus download, budidaya ikan gabus pdf, budidaya ikan lele.

close
CARA BUDIDAYA IKAN GABUS DENGAN MUDAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment