SISTEM KANDANG TERNAK KELINCI

Sistem Kandang Kelinci - Permintaan akan daging kelinci setiap tahun nya meningkat. Selain mempunyai daging yang enak dan testur unik, Daging kelinci adalah makanan favorit di restoran restoran ternama.

Untuk membudidayakan Kelinci memang sangat mudah karena dari pakan kita bisa mendapatkan di sekitar kita. Selain untuk pedaging, Ternak kelinci juga bisa untuk kelinci hias.

Namun kemudahan pakan tersebut tidak serta merta menjadikan para peternak melupakan satu hal lagi. Yaitu kebersihan akan kandang kelinci. Kandang yang di gunakan untuk memelihara kelinci sama juga dengan lingkungan dimana kelinci tersebut hidup.

Untuk para peternak kelinci setidaknya terdapat dua sistem perkandangan yang sering dipakai dalam beternak kelinci, sistem itu antara lain  kandang kelinci sistem tertutup dan kandang kelinci sistem terbuka.

Masing-masing sistem perkandangan memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Ada untung ruginnya. Dan Biasanya penggunaan sistem tersebut dimanan Sistem tertutup digunakan oleh para peternak intensif sedangkan sistem terbuka banyak diadopsi oleh peternak kelinci tradisional.

Sistem Kandang Ternak Kelinci

kandang kelinci sistem terbuka


Sistem Kandang Ternak Kelinci
Kandang kelinci sistem terbuka

Kandang kelinci sistem terbuka banyak diadopsi oleh peternak tradisional dimana usaha ternak dilakukan menjadi usaha sampingan. Kandang kelinci sistem terbuka sangat sederhana, kita tinggal memberikan pagar pada sekeliling areal yg akan dijadikan sangkar. Pagar cukup setinggi 0,5-1 meter, yg penting kelinci nir mampu lolos atau loncat. 


Sebaiknya, pagar memiliki pondasi yg cukup pada buat mencegah kelinci kabur menggunakan menggali lubang. Dalam sistem terbuka kelinci dibiarkan tanggal bebas pada areal kandang.

Areal sangkar berupa tanah terbuka, di dalam areal disediakan rumah rumahan tertutup agar kelinci mampu berteduh dan beristirahat. Dalam areal Rumah rumahan tersebut harus tersedia loka tempat minum & pakan. 

Meski beralaskan tanah, permukaan lantai kandang wajib  mempunyai drainase baik supaya kondisi tetap kering. Kelinci tidak menyukai lingkungan yg lembab.

Keuntungan menggunakan sistem terbuka ini, kelinci mampu berkeliaran di areal eksklusif sebagai akibatnya jadwal pemberian  pakan tidak terlalu ketat. Dan Habitat kelinci yang lincah dan bergerak aktif bisa tersalurkan di dalam sistem kandang terbuka.

Dan Keuntungan lainnya, Si kelinci sanggup mengais-ngais pakan sendiri jika peternak terlambat menaruh pakan. Biaya pembangunan kandang dan perawatannya relatif lebih murah. 

Sedangkan Kerugian dari  sistem ini adalah diperlukan lahan yg luas & pertumbuhan daging tidak optimal lantaran kelinci banyak berkecimpung dan bergerak bebas. Selain itu, proses reproduksi kurang bisa diarahkan.

Kandang kelinci sistem tertutup


Sistem tertutup biasa dipakai buat usaha ternak yg lebih serius atau intensif. Berbanding terbalik dengan untung rugi sistem terbuka dimana Kelebihan sistem ini kebutuhan lahannya relatif lebih kecil, perkembangan kelinci lebih terkontrol, lebih fokus dalam pertumbuhan daging. Kelemahannya biaya  infrastruktur lebih mahal.


Untuk memulai usaha ternak kelinci menggunakan sistem kandang tertutup setidaknya diperlukan 2 tipa kandang, yakni tipe postal dan tipe baterai. 

Tipe postal digunakan buat proses perkawinan & penyapihan anak, sedangkan tipe baterai dipakai buat pembesaran.

Kandang tipe postal

Kandang Tipe Postal
Kandang kelici postal
Kandang kelnci tipe postal umumnya digunakan buat proses perkawinan dan membesarkan anak kelinci sebelum disapih.

Anak-anak kelinci biasanya disapih berdasarkan induknya sesudah berumur 8 minggu. Kandang tipe postal kurang optimal buat pembesaran, lantaran kelinci yang ada didalamnya akan lebih aktif bergerak.

Pada proses pembesaran gerakan kelinci sebisa mungkin dikurangi agar semakin irit pemberian pakan sehingga pakan yg dikonversi menjadi daging.

Kandang tipe postal sanggup diletakan pada luar juga pada dalam ruangan. Jika ingin menempatkan kandang di luar ruangan usahakan gunakan dinding kandang menggunakan bahan tertutup misalnya tripleks (jangan bilah bambu), manfaatnya buat menahan angin & air hujan.

Kandang tipe baterai

Kandang Tipe Baterai
Kandang kelici tertutup
Kandang kelinci tipe baterai paling cocok digunakan buat pembearan. Pada umumnya ukuran sangkar sebesar 60x40x40 cm, lebih baik lagi disesuaikan dengan jenis kelinci yang diternakan. Silahkan lihat jenis-jenis kelinci budidaya. 

Semakin bervariasi jenisnya, semakin banyak  jua kandang yang di perlukan. Perlu diperhatikan, sangkar atau kandang yg terlalu luas akan membuat kelinci banyak bergerak aktif sedangkan kandang yang terlalu sempit akan menciptakan stres.

Kandang tipe baterai dibentuk bertingkat atau bersusun seperti rak. Oleh karena itu alas sangkar harus mempunyai sekat buat menampung kotoran dan air kencing kelinci. 

Sekat usahakan mampu dicopot dengan gampang buat membersihkan kotoran. Bahan yang digunakan buat sangkar baterai sanggup dari bilah bambu atau ram kawat.

Khusus bagian lantai usahakan jangan menggunakan atau memakai ram kawat karena berpotensi melukai kaki kelinci.

Penggunaan kandang kelinci tipe baterai bisa di aflikasi kan di luar ruangan atau dalam ruangan. Untuk kandang yang ditempatkan di luar ruangan, maka atap kadang harus dibuat dari bahan yang tak merember air serta sebagian dindingnya diusahakan sebaiknya tertutup. 

No comments

Powered by Blogger.