PANDUAN LENGKAP USAHA BETERNAK CACING

Budidaya Cacing Tanah | Panduan Lengkap - cacing tanah spesies lumbricus rubellus ialah jenis cacing yang sangat potensial buat dibudidayakan. Karena, jenis cacing ini mempunyai siklus pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan jaenis cacing lainnya. Bukan hanya itu, cacing tanah ini pula tergolong simpel pemeliharaan serta perawatannya, sebab mampu dikembangkan pada media limbah organik.

sehingga tidak mengherankan Bila banyak dimanfaatkan pada global pertanian, peternakan dan industri farmasi. Dalam global farmasi cacing jenis ini banyak dimanfaatkan menjadi bahan obat serta bahan kosmetik. Bahkan permintaannya pun terus meningkat buat memenuhi jumlah produksi yg semakin besar .

PANDUAN LENGKAP USAHA BETERNAK CACING

Namun, ketersediaan cacing tanah jenis masih sangat terbatas dengan harga yang relatif lebih mahal, sebab belum banyak yg melakukan budidaya. Sebab masih jarang rakyat yang memahami akan hal ini. Jadi pada kesmpatan kali ini akan saya kasih sedikit hints dan  trik tentang cara budidaya cacing tanah. Berikut ulasannya.



1. Persiapan lokasi budidaya cacing.

Budidaya Cacing Tanah | Panduan Lengkap
Tanah yg akan dipergunakan menjadi media hayati cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yg akbar.

Bahan-bahan organik tersebut mampu asal dari dedaunan yg telah gugur, kotoran ternak ataupun tanaman serta hewan yang sudah mati. Cacing tanah sangat senang menggunakan bahan-bahan yg praktis membusuk karena lebih praktis dicerna.

untuk pertumbuhan yg baik, cacing tanah membutuhkan tanah yang sedikit asam hingga netral dengan ph sekitar 6-7,2. Menggunakan syarat tadi, bakteri yg terdapat pada tubuh cacing tanah mampu bekerja dengan most effective buat mengadakan fermentasi atau pembusukan.

Kelembaban udara jua perlu kamu perhatikan supaya pertumbuhannya dan  perkembangbiakannya bisa premiere, yaitu sekitar 15-30%.

Suhu yg diharapkan untuk pertumbuhan cacing tanah dan  penetasan kokon merupakan lebih kurang 15-25 derajat c atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi berasal 25 derajat celcius masih tetap baik, asalkan terdapat naungan yang cukup dengan kelembaban yg best.\

usahakan lokasinya juga simpel buat diawasi serta tidak terkena oleh sinar surya secara pribadi, misalkan pada bawah pohon rindang, di samping tempat tinggal   atau ruangan spesifik yg atapnya terbuat berasal bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan  tak menyimpan panas.

Dua. Pedoman teknis budidaya cacing tanah

A. Penyiapan saran dan  peralatan

Pembuatan sangkar usahakan menggunakan bahan-bahan yang simpel dan  murah, seperti rumbia, bambu, ijuk, papan bekas, serta genteng dari tanah liat. Salah  satu contoh kandang tetap buat peternakan skala akbar artinya dengan ukuran 1,5×18 meter dan  tinggi zero,forty five meter.

Di dalamnya buatlah rak-rak bertingkat sebagai kawasan atau wadah pemeliharaan. Bangunan sangkar juga bisa engkau  buat tanpa dinding (terbuka). Atau mampu juga pakai model lainnya mirip, kotak bertumpuk, rak berkaki, pancing berjajar dan  pancing bertingkat.

B. Pembibitan cacing

Persiapan yang perlu kamu lakukan dalam upaya ini ialah meramu media tumbuh, menyediakan bibit cacing yang unggul, mempersiapkan kandang cacing dan  juga pelindung kandangnya.

C. Pemilihan bibit calon indukan cacing

Sebaiknya, Jika kamu ingin membudidayakan cacing tanah secara komersial, gunakanlah bibit yg sudah terdapat sebab membutuhkan jumlah yang cukup akbar. Tapi, Bila ingin dimulai asal skala yang mungil, bisa kamu pakai bibit cacing tanah yg terdapat pada alam. Biasanya banyak pada tumpukan sampah yang membusuk atau di kawasan pembuangan kotoran hewan.

D. Pemeliharaan bibit calon induk cacing

Pemeliharaan bisa engkau  lakukan dengan beberapa cara:

Memelihara cacing tanah sebesar-banyaknya atau diubahsuaikan dengan daerah yg akan dipergunakan. Engkau  mampu menentukan cacing yg muda atau dewasa. Bila kandangnya ukuran tinggi 0,three m, panjang dua,lima m, serta lebar < 1 m. Umumnya mampu menampung lebih kurang 10.000 ekor cacing tanah dewasa.

Pemeliharaan dimulai menggunakan jumlah yg kecil. Jika jumlahnya sudah bertambah sebagian cacing mampu kamu pindahkan ke bak pemeliharaan yang lain.
Kombinasi antara dua cara pada atas

Pemeliharaan khusus kokon sampai anak, sehabis dewasa baru dipindah ke bak pemeliharaan lain.

Pemeliharaan khusus cacing dewasa menjadi bibit.

 sistem pemuliabiakan

Bila media pemeliharaan sudah siap dan  bibit cacing tanah pula sudahada, maka penanaman mampu segera engkau  laksanakan secepatnya. Jangan tuang sekaligus bibit cacing tanah yang tersedia, akan tetapi cobalah sedikit demi sedikit.

Bila telah, amati secara rutin setiap three jam sekali, siapa tahu ada yang berkeliaran pada atas media atau bahkan ada yang meninggalkan media. Apabila pada rentang ketika lebih kurang 12 jam tidak ada yang keluar dari wadah, berarti media yg engkau  untuk itu sudah cocok. Kebalikannya Jika tidak cocok, cacing akan berkeliaran kemana-mana.

F. Perkawinan atau reproduksi

Cacing termasuk hewan hemaprodit, yaitu mempunyai alat kelamin ganda. Meskipun demikian, dalam urusan pembuahan mereka tidak bisa melakukannya sendiri.

Dari hasil perkawinan sepasang cacing akan menghasilkan satu butir kokon yg berisi telur-telur. Kokon tadi berbentuk lonjong menggunakan ukuran sekitar sepertiga besar  kepala korek api.

Dalam rentang ketika 14-21 hari kokon akan menetas, setiap kokon akan menghasilkan dua-20 ekor. Diperkirakan one hundred 2kor cacing bisa menghasilkan lebih kurang 100.000 cacing pada ketika 1 tahun.

Tiga. Pemeliharaan

A. Pemberian  pakan

Buat hadiah makannya relatif sekali saja dalam 24 jam. Apabila yg kamu tanam 1 Kilo Gram maka 1 KG juga pakan yg harus engkau  berikan. Hal yang perlu kamu perhatikan pada anugerah kuliner diantaranya.

Pakan wajib  berbentuk serbuk

Bubuk pakan wajib  ditaburkan rata pada atas media, tapi sebaiknya jangan menutupi keseluruhan. Sisakan lebih kurang 2-three bagian peti.
Tutup pakan dengan media yg tidak tembus cahaya
Perbandingan antara serbuk cacing dan  air merupakan 1:1
B. Penggantian media

Media yang telah menjadi kascing/tanah atau yg sudah poly kokonnya harus segera diganti. Agar cacing cepat berkembangbiak. Rata-rata penggantian media bisa kamu lakukan setiap 2 minggu sekali.
proses kelahiran

Bahan yg dipergunakan menjadi media tanam diantaranya kotoran hewan, batang pisang, dedaunan kering, limbah tempat tinggal   tangga dan  lain sebagainya.

Bahan tadi lalu dipotong-potong dulu dengan berukuran dua,5 cm. Seluruh bahan, kecuali kotoran ternak diaduk serta ditambah dengan air hingga merata. Bahan adonan dan  kotoran ternak dijadikan satu menggunakan perbandingan 7:tiga serta ditambah air secukupnya.

4. Hama serta penyakit

Keberhasilan dalam upaya budidaya cacing tanah tidak terlepas berasal upayamu pada mengendalikan hama. Hama-hama berupa serangga dan  binatang pemangsa, diantaranya semut, burung, kumbang, lipan, kelabang, katak, lalat, tikus, itik, ayam, serta lain sebagainya.

Lima. Panen cacing

Pada usaha budidaya cacing tanah terdapat dua bagian penting yang nantinya kamu panen, yaitu cacing itu sndiri serta kascing atau tanah bekas cacing. Memanennya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memberikan penerangan pada media tanam tadi, maka cacing akan keluar menggunakan sendirinya. Karena cacing sangat sensitif dengan cahaya.

BACA JUGA

PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA CACING TANAH

PEMBUATAN MEDIA HIDUP CACING TANAH

CARA MEMBUAT KANDANG BUDIDAYA CACING TANAH


BUDIDAYA CACING SUTERA



CIRI KHUSUS CACING LUMBRICUS RUBBELUS

No comments

Powered by Blogger.