TIPE-TIPE SAPI TROPIK

Ternak Sapi
TIPE-TIPE SAPI TROPIK - Sapi tanpa punuk atau Bos taurus yang  telah menyesuaikan diri  seperti sapi N’dama dan Dwarf Shorthorn dari Afrika Barat. Oksh dari Asia Barat atau Chinesse Yellow dari Cina Selatan; 

- Jenis Sapi yang perlu peternak Ketahui


diimpor ke daerah tropis sejak masa sejarah dan sedikt banyak dapat menyesuaikan diri terhadap iklim; seperti sapi Criollo dari Karibia, Amerika Tengah dan Selatan dan Muarutius Creole dari Maurutius; 

atau diimpor ke daerah tropis sejak beberapa waktu dan sedikit banyak agak kurang dapat menyesuaikan diri, seperti sapi perah Fresian di kepulauan Karibia atau bangsa sapi perah Inggris di Afrika Timur.


TIPE-TIPE SAPI TROPIK


Sapi bepunuk, B. indicus atau Zebu juga berasal dari zaman purbakala, seperti mereka di Asia Barat, benua India dan bagian Afrika; diimpor pada masa sejarah, seperti bangsa Zebu pada banyak bagian Afrika dan beberapa negara dari Asia Tenggara;  

Usaha Penggemukan Sapi

sapi Zebu dari Amerika dan Oceania, termasuk bangsa Brahman Amerika dan Indu-Brasil. Hanya bangsa domestikasi B. (Bibos) adalah sapi Bali dari Indonesia dan kemungkinan juga sapi Gayal dari Assam-Burma dan sapi-sapi ini agaknya berasal dari masa purbakala.


Sebagai tambahan ada beberapa bangsa yang dihasilkan dari persilangan antara sapi tanpa punuk dan berpunuk, baik pada masa lampau maupun masa yang lebih baru. Yang lebih tua sedikit banyak bangsa sapi hasil persilangan telah mantap, adalah sangat banyak di Afrika, mereka disebut sapi Sanga dan juga di Asia Tengggara. 

Bangsa hasil persilangan baru, seperti Santa Gertrudis dan Droughtmaster adalah  program persilangan di Amerika dan Australia. Akhirnya di Asia Tengara terdapat beberapa bangsa sapi seperti sapi Madura, adalah hasil persilangan antara B. taurus dan/atau B. indicus dan sapi Bibos spp.

Sapi Belgian Blue, Kualitas sapi terbaik

Bangsa sapi diklasifikasi didasarkan atas benua asal saat ini, di dalam benua atas dasar daerah, dalam daerah atas dasar tipe dan dalam tipe atas dasar ciri khas umum.
- Cara Agar Sapi cepat Gemuk Dan Makan Lahap


Tipe-tipe secara umum ditandai dengan tanpa punuk (Bos taurus), berpunuk (B. indicus), persilangan antara keduanya (Bibos) spp, dan hasil persilangan dari sapi tanpa punuk/atau berpunuk dengan yang kedua.

Baca Juga

Cara Membuat Kolostrum Untuk Sapi

Cara Menghitung Bobot Sapi

Penyakit Abourtus Pada Sapi

Ciri Ciri Sapi secara Umum


Perlakuan Bakalan Sapi Limosin

Selamat Bertenak

No comments

Powered by Blogger.