TERNAK KAMBING SISTEM UMBAR MENGUNTUNGKAN

Ternak Kambing Sistem Umbar Menguntungkan - Sistem peternakan kambing ini setidaknya akan memberi keuntungan dalam hal pemberian pakan. Karena peternak tidak mesti harus di paksa untuk memberi pakan hewan ternaknya. 

karena dengan sendirinya si kambing akan mencari makan dengan mencari di tanah lapang secara bebas. Sistem peternakan seperti ini tidak di anjurkan bagi peternak kambing yang tidak memiliki lahan luas.



Pola berternak kambing dengan sistem diumbar atau di gembalakan faktor yang penting adalah adanya sumber makanan seperti padang rumput. Padang rumput atau lahan gembalaan atau pastura harus tetap ada.

Dеngаn lahan уаng luas dan jumlah ternak уаng tentu ѕаја banyak, уаng mеrеkа lakukan аdаlаh menggembalakannya ( angon = bahasa Jawa ), 

ya.. dеngаn menggembalakan karena teknik gembala аdаlаh teknik beternak уаng murah, dipagi hari mеrеkа gembalakan kеmudіаn dі sore hari ternak digiring masuk kе kandang. Sеlаіn DI Umbar ebih baik lаgі dеngаn dі bantu Budidaya Rumout BB

Rumput BB (brachiaria brizantha) bіѕа Andа jadikan solusi.

Rumput іnі ѕаngаt mudah bertumbuh dan berkembang. Cara tanamnya рun ѕаngаt mudah. Bіѕа stek bіѕа јugа pols (sobekan batang dan akar).


Bibit rumput BB kali pertama ѕауа dapatkan dr Perkebuanan. dImana peternak hаnуа membuat lubang dg cangkul dan meletakkan stek bibit BB dan menimbunnya dg tanah. Habis іtu ѕауа siram. Kurаng dаrі seminggu eh ѕudаh tumbuh tunas.

Ternak Kambing Sistem Umbar Menguntungkan

Ternak Kambing Sistem Umbar Menguntungkan
KAMBING
Karena begitu pentingnya padang rumput atau pastura maka pengolahan dan syarat teknis untuk sistem ternak kambing umbaran di perlukan syarat syarat sebagai berikut, diantaranya :

- harus dekat dengan sumber air.

Padang rumput atau pastura harus dekat dengan sumber air. Karena keberlangsungan dan tumbuh kembangnya rumput sangatlah tergantung dengan air. 

Rumput adalah pakan Utama dari sistem ternak kambing Umbaran. Tanpa adanya Rumput maka kambing susah untuk bisa bertambah besar.

Rumput tanpa adanya air akan menjadikan padang rumput kurang segar dan ternak kambing sistem gembala akan menjadi sulit untuk sukses.

Faktor Utama dari ternak kambing sistem umbaran adalah tersedianya pakan alami yang melimpah dan banyak.

Kambing yang di Umbar berbeda perlakuannya dengan kambing yang di besarkan dalam kandang. Kualitas daging lebih menang kambing yang di ternak dengan sistem gembala. tetapi di satu sisi Ternak kambing di kandang akan lebih cepat besar.

- intensitas cahaya matahari.

Matahari salah satu faktor juga untuk membantu berkembang nya rumput dengan fotosintensisnya. Selain membantu proses foto sintesis , peran matahari juga untuk menguatkan struktur tulang pada kambing. Kambing sistem Umbaran memerlukan tulang yang kuat untuk beraktifitas dan mencari makan


- Periksa kualitas tanah.

Kualitas tanah juga sangat membantu dalam melancarkan bisnis ternak kambing sistem umbaran atau gembala. Lakukan secara berkala pemeriksaan kualitas tanah baik kesuburan, PH tanah dan virus atau bakteri yang terdapat pada tanah.

Kualitas Tanah yang buruk di khawatirkan akan memberi dampak yang tidak sehat pada kambing, Karena pemeliharaan dengan di Umbar resiko penyakit yang paling sering di di dapat adalah kambing terkena penyakit cacingan dan mencret.

Dengan Sistem Umbaran ada juga keuntungan yang lainnya yaitu si peternak bisa mengurangi biaya operasional untuk membayar pegawai dalam mencari pakan atau membeli pakan.

Sistem Umbaran kerugiannya kambing tidak cepat besar karena banyak daging dan lemak yang di rubah untuk menjadi tenaga. Pola umbaran sangat tidak tepat untuk pemeliharaan secara intensif atau untuk ternak kambing potong.

Ternak Kambing Umbaran sangat di rekomendasikan bagi peternak yang mempunyai lahan luas dan subur. Di samping kelebihan dalam rangka meningkatkan penghasilan dari beternak kambing, Ternak Kambing Umbaran Juga menjadi kambing lebih tahan terhadap penyakit.

Walaupun Begitu Peluang Usaha ternak Kambing masih menjadi primadona bagi masyarakat yang menginkan adanya penghasilan tambahan,

Karena dari usaha berternak Kambing, Kita bisa meraup Keuntungan Setiap bulan 5 Juta. Ternak Kambing untung 5 juta per bulan, apakah anda tertarik ?

Ternak Kambing Sistem Umbar Menguntungkan

No comments

Powered by Blogger.