TERNAK KAMBING BOERKA SEMAKIN MENGGILA UNTUNGNYA

Ternak Kambing Boerka - Boerka adalah singkatan dari Kambing Boer dan kambing kacangan. Jadi Kambing Boerka adalah persilangan antara kambing boer dan kambing kacangan.

Alasan kenanapa memilih jenis kambing boerka diantaranya Selain bobot dan pertumbuhannya yang tinggi, Boerka mewarisi karakter kambing kacang yang tahan banting. 

Persilangan antara kambing boer dan kacangan menjadikan kambing boerka Daya adaptasinya terhadap habitat dan lingkungan tropis yang basah cukup kuat.

TERNAK KAMBING BOERKA SEMAKIN MENGGILA UNTUNGNYA


Peternak kambingtidak perlu khawatir kalau kambing boerka bersifat tidak tahan dengan kondisi di indonesia.seperti kebanyakan jenis kambing impor atau introduksi dari luar.

Munculnya Kambing Boerka 

Ternak Kambing Boerka
Sudah bukan rahasia umum para peternak kambing kecil lebih menyukai menternak kambing lokal seperti kambing kacang. Mungkin karena jenis ternak kambing ini sangat mudah di pelihara ,dirawat, tahan banting terhadap kondisi cuaca dan iklim, dikasih pakan apapun tidak rewel, dan bisa beranak banyak.

Namun Permasalahannya, tingkat pertumbuhan kambing kacangan relatif lambat. Terutama bila dibandingkan dengan jenis-jenis kambing impor. Ukurannya pun relatif keciln dan lebih cepat dewasa. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada hasil panen yang didapat.

Kondisi inilah yang menjadikan Puslitbangnak mencoba berinovasi dan berkreasi untuk mensejahterakan peternak kambing dengan menyilangkan kambing kacang dengan kambing boer. 

Kini hasil inovasi perkawinan silangan tersebut sudah menampakan perkembangan dan hasil. Dimana Kambing kacang yang mungil tumbuh lebih bongsor. Dan Tahan terhadap Iklim dan cuaca.

Ternak Kambing Boerka

 Peternak kambing  juga tak perlu risi dengan masalah konsumen kita yang terbiasa terhadap rasa daging kambing lokal. Kambing boerka ini memiliki tekstur yang seperti dengan kambing kacang. Tekstur yang tak berbeda jauh.

Mutu karkasnya termasuk mutu I sama halnya dengan kambing kacang. Sifat fisik daging & kandungan nutrisinya tak ada yang beda dan rasa juga sama. Sehingga diperkirakan akan tidak sulit jika dijual di pasar lokal sebagai pedaging.


Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, kambing boerka jua memiliki peluang buat diekspor. Karena kemiripan dengan kambing Boer inilah menjadikan negara asal kambing boer bisa menerimananya.


Dengan bobot yg relatif lebih berat per ekornya, peluang untuk diterima pada pasar ekspor lebih terbuka. Dan Kualitas Pakan yang terjaga maka standart tentang daging kambing bisa di terima di negara tujuan.

Kini Puslitbanknak berupaya menyosialisasikan jenis kambing ini. Di Sumatera Utara mereka bekerja sama dengan dinas peternakan setempat untuk membudidayakan kambing boerka secara masal.

Puslitbanknak Menyatakan Beberapa hal Tentang Ternak Kambing Boerka diantaranya ;

- kambing Boerka ini memiliki sifat pertumbuhan yang cepat.
- bobot lahirnya lebih berat 40% dari kambing kacang.
- Laju pertumuhannya sekitar 45% lebih cepat untuk jantan dan 40% lebih cepat pada betina.
- Dalam tempo 12-18 bulan sudah siap potong dengan estimasi berat sekitar 26-36 kg per ekor.

Berminatkah Untuk Beralih ke Kambing Boerka


No comments

Powered by Blogger.