Tips Membuat Kandang Ternak Itik

Tips Membuat Kandang Ternak Itik - Untuk bisa menciptakan kandang itik, seseorang harus memiliki pengetahuan mengenai bahan bangunan, cara- cara mendirikan bangunan, & persyaratan bangunan. Disini akan dijelaskan mengenai persyaratan yg wajib  dipenuhi pada menciptakan kandang itik.Karena dari kandang yang baik tentu akan mendapatkan hasil yang melimpah dan kondisi ternak bisa lebih menyenangkan.

Tips Membuat Kandang Ternak Itik


Tips Membuat Kandang Ternak Itik
A. Arah Kandang

Sebaiknya, panjang kandang itik membujur menggunakan arah timur barat. Posisi ini dapat mencegah masuknya sinar mentari  sepanjang hari yang akan mengakibatkan suhu pada pada sangkar sebagai panas.

B. Besar Kandang

Itik memerlukan ruang gerak yg lebih besar  dibandingkan menggunakan ayam karena itik termasuk ternak yg mudah kaget dan ketakutan. Bila ruang geraknya sempit, pada saat ketakutan, mereka akan saling bertabrakan atau berhimpitan. Buat seekor itik dewasa yg terus menerus pada pada sangkar, perlu disediakan ruang gerak seluas 1 meter persegi buat 2 ekor.

C. Tinggi Kandang

Walaupun itik merupakan ternak kecil, namun kandangnya permanen harus tinggi, yaitu paling sedikit 2 m. Karena merupakan supaya pertukaran udara lancar dan tidak perlu membongkok saat membersihkan sangkar atau melakukan pekerjaan lain di dalam kandang.

D. Dinding Kandang

Sebaiknya sisi (dinding) kandang terbuka, artinya tidak terbuat berdasarkan tembok atau bahan lain yg tertutup. Bagian ini ditutup menggunakan dawai, kecuali sekitar 60 cm diatas lantai yang ditembok. 

Tembok dengan tinggi 60 centimeter diatas lantai tadi dimaksudkan supaya serasah (Litter) tidak berhamburan keluar dan menahan pantulan panas dari tanah. Pada saat itik masih kecil dan belum tahan dingin, lebih kurang kandang bisa ditutup menggunakan plastik, karung, atau bagor.

E. Cahaya

Cahaya surya, bukan sinarnya pribadi, wajib  bisa masuk kand

Tips menciptakan kandang Itik Banyak para peternak itik/ bebek galau mengenai kandangnya, kebanyakan berdasarkan peternak itik masih mencampur adukkan mitos menggunakan syarat kekinian, sebagai akibatnya banyak berdasarkan mereka akhirnya gagal dalam memulai bisnis ini. 

Terdapat beberapa saran supaya kandang bisa memberikan rasa nyaman terhadap penghuninya, hal ini tentu ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi pada sebuah kandang yang baik sebagai akibatnya dapat berpengaruh pada mempertinggi produktifitas itik:

Suhu pada pada kandang tidak panas, buat pada Indonesia suhu di pada kandang secara alami tidak bisa terlalu dingin, usahakan antara 27 derajat sampai dengan 30 derajat celcius. Galat satu cara adalah dengan menciptakan panjang sangkar membujur ke arah timur- barat.

Genre angin yang masuk ke sangkar & keluar sangkar haruslah lancar, namun jangan terlalu kencang

Kandang haruslah relatif jelas, tetapi nir perlu cerah. Cahaya diperlukan buat merangsang kelenjar pembuat hormon pada pertumbuhan dan produksi telur.

Sangkar harus secara rutin dibersihkan. Alas sangkar usahakan terbuat dari semen. Walaupun lebih mahal apabila dibandingkan menggunakan berdasarkan tanah, namun alas semen kondusif menurut bahaya penyakit.

Kandang haruslah relatif tinggi sebagai akibatnya yg bekerja di dalamnya bisa berdiri

Idealnya kandang didirikan pada atas tanah yang mudah menyerap air dan terdapat saluran limbah

Lebar sangkar usahakan tidak lebih menurut 10 m

demikian tips membuat kandang ternak itik ini semoga memberi manfaat, selamat berternak

No comments

Powered by Blogger.