CARA BETERNAK KAMBING ETAWA PALING GAMPANG

Ternak Kambing Etawa – Tahukah kamu bahwa kambing etawa tidak hanya produsen susu loh, kambing etawa jua sangat baik sebagai kambing pedaging & kambing kontes. Di Indonesia sendiri khususnya pada Jawa Timur dan Jawa Tengah sudah banyak peternak kambing etawa ini, terutama kambing etawa super dan etawa unggulan.

Untuk penyuka dan penghobby  kambing etawa ini hampir jarang dan tidak pernah sepi. Baik dari pasar lokal juga pasar ekspor siap menampung kambing ini. Peluang Usaha akan Ternak Kambing jenis Etawa masih sangat menggiurkan

Nah, lantaran hal inilah banyak yg ingin berternak kambing etawa, mereka memahami bahwa apabila berternak kambing etawa tidak akan pernah sepi peminatnya. Dan Kambing Etawa Termasuk mudah dalam Perwatannnya.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara ternak kambing etawa yang baik.

Kambing peranakan etawa (PE) adalah kambing hasil persilangan kambing etawa unggul (kambing jenis unggul menurut India) dengan kambing kacang (kambing orisinil Indonesia). Kambing etawa bisa menyesuaikan diri dengan syarat iklim di Indonesia, sangat mudah buat dipelihara & adalah ternak jenis unggul yang membentuk daging dan susu. Walaupun pada perkembangan Kambing jenis Kacangan Mampu menghasillkan Jenis Kambing yang lainnya Seperti Kambing BOERKA

Produksi daging kambing etawa lebih tinggi daripada kambing kacang. Berat badan kambing etawa jantan dewasa sanggup mencapai antara 65-90 Kg & betina antara 45-70 Kg. Produksi susu mampu mencapai 1-3 liter per hari.

Ternak Kambing Etawa

Ternak Kambing Etawa
Kambing etawa juga sangat prospektif buat bisnis pembibitan. Harga anak kambing etawa juga sangat tinggi mampu mencapai tiga-5 kali lipat berdasarkan harga anak kambing lokal.

Pemilihan Induk Kambing Etawa.

Dalam pemilihan induk atau bibit usahakan beli menurut peternakan yg sudah terpercaya. Lantaran menggunakan begitu engkau  telah dapat mengetahui track record menurut kambing tadi. Pemilihan bibit kambing etawa yg baik ciri-karakteristik menjadi berikut:

- Sehat, Tidak nampak adanya cacat fisik, nafsu makan tinggi dan  Gerakannya aktif serta agresif
- Bulu higienis & mengkilat
- Dada lebar, kaki kurus dan bertenaga
- Berasal menurut keturunan kembar & induk tidak sedarah.

Kandang Kambing Etawa 

Pada pembuatan kandang kambing etawa syarat utamanya merupakan wajib  menerima sinar surya matahari yang cukup, bersih, agak jauh dari tempat tinggal   dan hawa angin yg dapat masuk sebagai ventilasi. Tujuan agar terkena sinar mentari  merupakan buat mencegah kotoran serta bakteri yang dapat tumbuh pada lingkungan kandang. Perencanaan dalam membuat kandang Kambing

Kriteria Ukuran Kandang Kambing Etawa yang Baik

Kandang Kambing Etawa
Proses metabolisme seekor kambing juga dapat dipengaruhi menurut posisi kambing ketika makan, syarat ini dapat tercapai bila engkau  menerapkan sistem kandang yg diatur sedemikian rupa. Agar mendapatkan posisi makan kambing yang baik buat metabolisme tubuh kambing.

Kandang kambing pula wajib  memiliki ventilasi yang baik, sinar mentari , bersih & jarak antara sangkar & tempat tinggal   lebih kurang 5 m. Ukuran kandang yang biasa digunakan buat ternak kambing etawa merupakan sebagai berikut:

Kambing beranak: 120 centimeter x 120 cm per ekor
Kambing indukan: 100 cm x 125 cm per ekor
Kambing anakan: 100 cm x 125 centimeter per ekor
Kambing pejantan: 110 cm x 125 centimeter per ekor
Kambing dewasa: 100 centimeter x 125 centimeter per ekor

Pemberian Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan pada kambing etawa sebenarnya tidak dapat engkau  sama ratakan. Kamu harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan gizinya di usia eksklusif.

Sebisa mungkin pakan harus mengandung, protein, vitamin, karbohidrat, mudah dicerna dan pastinya dengan harga yang relatif murah. 

Pakan kambing Etawa pada umumnya diberikan merupakan rumput atau hijau-hijauan mampu pula diselingi dengan kacang-kacangan yg mengandung vitaman & mineral.

Kamu pula bisa menciptakan pakan tambahan yang wajib  memenuhi kebutuhan gizi kambing tadi. Untuk membuat pakan tambahan tadi engkau  wajib  menggunakan rumus di bawah ini: bekatul dan kosentrat dibuat menggunakan perbandingan 3:1. Atau sanggup juga menggunakan cara, pakai bekatul sebesar 50% dicampur menggunakan bungkil kelapa sebanyak 25% sisanya adonan bungkil kacang tanah dan kapur.

Untuk pemberian  pakan tambahan ini sebaiknya dilakukan sesudah hadiah pakan primer yaitu rumput atau pakan hijau. 

Jika kambing masih belum kenyang maka engkau  dapat menaruh pakan campuran tadi menjadi pakan tambahan. Waktu yang baik untuk memberi makan kambing merupakan pukul pagi 08.00 – 09.00 dan sore 15.00 – 16.00.

Reproduksi Kambing Etawa


Kambing etawa bisa beranak setidaknya tiga kali dalam 2 tahun. Namun dapat engkau  sebaiknya supaya kambing bisa beranak lebih berdasarkan itu. Hal yg bisa kamu jadikan patokan merupakan usia kambing yang sudah setengah tahun dan telah mampu dikatan dewasa.

Kamu bisa mengawinkan kambing etawa disaat usianya sudah benar-sahih matang, yaitu antara 11 – 12 bulan. Bobot kambing sudah lebih menurut 50 Kg dalam usia produksi tersebut. Birahi kambing selam 1-2 hari dan dapat terjadi siklus yang bertahan selama dua hingga tiga minggu.



Tanda-indikasi apabila kambing mulai ereksi merupakan kambing terlihat mondar-mandir lantaran merasakan kegelisahan, kurang senang makan, ekor terus berkecimpung & dikibaskan, kemauan mengembang dan terus berkiprah tidak bisa diam, & sering buang air.

Waktu bunting kambing betina adalah kurang dari lima bulan dan masa melahirkan hingga menggunakan masa sehat adalah 2 bulan. Di waktu-waktu inilah engkau  harus menjaga pola makan & kebersihan kambing. 

Apabila  kurang memperhatikan kebersihan & pola makannya, dikhawatirkan kambing Etawa akan cacingan & terkena skabies atau kudisan.

Setelah masa panen & ternyata berhasil, teruslah rawat & tingkatkan produksi kambing etawa. Lantaran seluruh bagian menurut kambing etawa dapat engkau  jual baik itu susu, daging, kotoran & kulitnya.

Semoga artikel tentang Cara beternak kambing etawa bisa bermanfaat sebagai mana banyaknya Manfaat beternak kambing dan bisa memberi wawasan tentang jenis jenis kambing

Ternak Kambing Etawa

No comments

Powered by Blogger.