PROSPEK USAHA TERNAK ITIK

Prospek Usaha Ternak Itik - Dari tahun ke tahun usaha yang berkaitan dengan itik menerangkan peningkatan dari sisi permintaan, baik itu berupa telur itik, daging itik, DOD itik, dan itik siap telur, ini berarti usaha dalam sektor ini sangatlah menjanjikan. 

Namun sebelum memilih sub sektor apa saja yang akan kita bidik, maka ada baiknya kita melihat dulu peluang pasar yg terdapat, lantaran menurut masing - masing daerah ada kecenderungan yg berbeda apabila bicara permasalahan peluang pasar, 

pertimbangan inilah yg tidak sanggup kita biarkan karena tentunya kita tidak menghatapakan atau menginkan resah waktu pasca produksi akan dikemanakan komoditi kita?, 

sebelum menciptakan perencanaan yg matang, maka terdapat baiknya terlebih dahulu tahu seluk beluk ternak itik yang akan diusahakan termasuk segala resiko yg mungkin akan dialami. 


Menurut permintaan pasar bisa dibentuk perencanaan produksi yang ingin dicapai dan pengembangannya dengan berpedoman pada semua unsur bisnis termasuk pengelolaan prdoduksi itik, pengelolaan energi kerja, taktik pemasaran dan evaluasi bisnis.

Prospek Usaha Ternak Itik

Prospek Usaha Ternak Itik
Itik
Dalam usaha beternak itik ada 4 macam sektor yg dapat kita kelola antara lain:

A. Usaha itik petelur


Dalam bisnis itik petelur tujuan utamanya merupakan mendapatkan produksi telur sebanyak- banyaknya, menggunakan kualitas yg memenuhi standart. 

Buat itik petelur, ada 2 hal yang bisa diusahakan yaitu usaha telur konsumsi dan bisnis telur tetas, terdapat perbedaan diantara keduanya. 

Telur konsumsi pada produksi sang itik betina yg tanpa menggunakan pejantan, sedangkan buat telur tetas wajib  memakai pejantan dikarenakan telur tetas haruslah fertil, oleh karena itu butuh pembuahan pejantan.

B.Usaha itik pedaging

Bisnis itik pedaging pada hal ini merupakan itik pejantan, maupun petelur yg sudah afkir, tentunya dengan maksud diambil dagingnya. Usaha itik pedaging muda umumnya bisa dipanen ataupun dipotong diambil dagingnya dalam umur 6 hingga dengan 8 minggu, 

dalam usia tadi itik jenis lokal sanggup membuat bobot 1,2 sampai menggunakan 1,3 kg, sedangkan jenis bibit unggul  (persilangan) mampu mencapai bobot ukuran 1,4 s/d 1,7 kg. Mengingat usaha itik pedaging memerlukan kontinyuitas jadi itik pedaging belia yg dari dari pejantan adalah yg paling tepat buat diusahakan. Dan dalam usaha jenis ini peranan pakan itik sangat berpengaruh.

C. Usaha Penetasan

Penetasan adalah bisnis menghasilkan DOD (bibit itik) baik secara konvensional maupun menggunakan mesin tetas. 

Melihat masih terbukanya peluang pasar DOD dan pesanan DOD dan penyediaan telur tetas yg memadai, maka buat memulai usaha penetasan terlebih dahulu ditentukan sasaran produksi DOD yg ingin dicapai, misalkan produksi DOD sebanyak 2000 ekor perhari, selanjutnya disusun rencana penetasan secara berkala.

D. Usaha itik siap telur (bayah)

Ada dua cara  buat membuat itik bayah, yg pertama dipelihara menurut mulai DOD dan diberi makan selama lima bulan maka akan dihasilkan itik siap telur, yg ke 2 adalah dengan cara digembalakan berdasarkan panen ke panen, 

beberapa orang lebih bahagia membeli langsung yang siap telur buat tujuan diambil telurnya daripada memelihara dari mulai DOD atau bayi, jadi bisnis penyediaan itik bayah (siap telur) sangatlah menjanjikan, tentunya modal yang pada keluarkan tidaklah sedikit.

Empat poin diatas yang mendasari bahwa terdapat beberapa pilihan dalam bisnis beternak itik, anda tinggal pilih usaha mana yg menjanjikan menurut anda, tentunya menggunakan memperhatikan aspek pemasaran yg terdapat.
Selamat beternak....Prospek Usaha Ternak Itik

No comments

Powered by Blogger.