PERAWATAN TERNAK ITIK UNTUK HASIL YANG MENGUNTUNGKAN

Perawatan Ternak Itik - Memelihara itik tidak sekedar memberi makan dan minuman, tetapi banyak hal yg harus dilakukan supaya produksi juga pembesaran dalam itik mampu aporisma sesuai yg dibutuhkan. Termasuk didalamnya merupakan:

Perawatan Ternak Itik

Perawatan Ternak Itik
PERAWATAN TERNAK ITIK
A. Kesehatan Kandang

Dalam hal ini, kandang menjadi faktor penentu dalam keberhasilan bisnis itik petelur maupun pedaging, jadi buat kandang harus senantiasa dibersihkan, bisa menggunakan disapu maupun disemprot (bagian yg disemen), 

selain itu buat menjaga supaya sangkar terhindar berdasarkan bahaya penyakit yang ditimbulkan virus atau bakteri sebseaiknya sebulan sekali disemprot desinfektan. 

Seluruh alat-alat kandang seperti tempat makan dan minum di cuci dengan menggunakan desinfektan jua, desinfektan yg bisa dipakai diantaranya merupakan larutan formalin, fenol, atau klorin sinkron menggunakan dosis yang dianjurkan pada bungkus. Selain itu kondisi sangkar yg sehat juga diharapkan termasuk didalamnya cukup sinar mentari , relatif angin, tidak pengap, & yang terpenting waktu hujan sangkar nir boleh bocor.

B. Vaksinasi

Terkadang kita lupa, bahwa ada penyakit eksklusif yang merupakan penyebab utama kematian pada itik. Adapun vaksinasi memiliki tujuan menaikkan kekebalan tubuh, anugerah vaksin dalam itik mampu melalui air minum, injeksi, tetes mata/ hidung. 

Vaksinasi biasa diberikan waktu itik tiga hari baru menetas juga 14 hari sesudah menetas, lantaran dalam umur kurang dari 30 hari resistensi antara itik & ayam merupakan sama. Baru sehabis lebih dari 30 hari itik mempunyai resistensi terhadap penyakit lebih tinggi daripada ayam. Ini berarti vaksinasi sebelum 30 hari sangat perlu dilakukan dalam itik.

No comments

Powered by Blogger.