Beberapa Penyakit Pada Ternak Kambing Etawa

Penyakit Pada Kambing Etawa - Berikut ini aku  memaparkan beberapa macam penyakit ringan yang acapkali dijumpai pada Kambing Etawa, serta penanganan berdasar pengalaman para peternak pada wilayah pusat kambing etawa ini dari, umumnya jua mendapati penanganan yang cukup sederhana & mudah diatasi sang para peternak itu sendiri .

Walaupun dalam beberapa penyakit berat atau kelainan pada kambing etawa memang kadang membutuhkan obat obatan yang harus pada beli serta merujuk donasi atau arahan dari dokter fauna. Disini aku  sampaikan beberapa macam obat alami dan pengobatan sederhana  yg acapkali dilakukan oleh para peternak bila kambing etawa mengalami beberapa penyakit ringan.

Penyakit Pada Kambing Etawa

Penyakit Pada Kambing Etawa
Setelah kita mengetahui tentang kambing etawa dan sistem pemeliharaannnya. Untuk selanjutnya adalah kita juga harus memahami tentang penyakit yang sering menyerang kambing etawa.

Tidak jarang kambing etawa sering terserang beberapa penyakit dalam bagian tubuh kambing etawa baik pada luar ( kulit) maupun pada tubuh kambing itu sendiri.

Penyakit mata

Penyakit ini mampu menyerang kambing etawa dalam waktu cuaca kurang baik serta adanya penurunan daya tahan tubuh kambing etawa, ternak umumnya mudah sekali terserang penyakit mata.

Untuk pengobatan ad interim dan pertama yang dilakukan menggunakan  daun sirih, garam & air panas, sedangkan cara pembuatan obatnya relatif merogoh tiga lbr daun sirih, lalu dituangkan air panas kedalam gelas yg dicampur oleh garam, sesudah air garam bercampur daun sirih tadi relatif dingin kita kompreskan ke bagian mata kambing etawa yg terserang penyakit tersebut lakukan 1 kali sehari selama 2 hari .

Penyakit batuk

Penyakit ini kadang jua menyerang kambing etawa dan umumnya jiga disertai pilek atau semacam flu, pada penyakit ini kambing biasanya susah bernafas dan seringkali batuk batuk layaknya insan, penyakit batuk pada kambing etawa kadang terjadi karena kuliner hijauan yang relatif basah terkena air hujan yg berlebihan.

Untuk pengobatan penyakit ini para peternak umumnya menggunakan beras kencur, sedangkan caranya relatif merogoh beberapa potong kencur ditumbuk dicampur menggunakan beras kemudian dikasih air panas, setelah itu minumkan ke kambing etawa yg sakit setelah seduhan beras kencur tersebut dingin.

Penyakit Cacingan/Nafsu makan Menurun

Penyakit cacingan hampir selalu dijumpai oleh setiap kambing etawa lantaran faktor makanan yg umumnya membawa benih cacing kedalam perut kambing etawa.

Untuk pengobatan penyakit ini umumnya para peternak kambing melakukan tindakan preventif setiap 3 bulan menggunakan menaruh minuman campuran temu hitam  dengan gula merah, bila kurang nafsu makan kita pula sanggup pakai temu ireng dicampur menggunakan garam menjadi perangsang nafu makan, buat kambing etawa yg terserang cacingan relatif parah hingga kurus sekali usahakan diberikan makanan daun jimitri buat beberapa hari.

Penyakit Gatal / Korep

Penyakit jenis ini umumnya menyerang dalam sebagian kulit kaki, ketua dan sebagian tubuh kambing ettawa, jenis penyakit ini gampang sekali menular dalam kambing yg lain.

Untuk pengobatan dan penangananya pertama sebaiknya pisahkan kambing etawa yg sakit gatal ini menggunakan kambing yg lain kemudian pengobatanya kita mampu ambil bebara buah lirang, oli bekas pada campur menggunakan minyak goreng & garam, ditumbuk sampai halus & dioleskan ke bagian yg gatal dan sakit, lakukan beberapa kali sampai luka kurap mengering.

Penyakit Susu

Gejala Susu bengkak (ngrangkak) atau tidak keluar air susu disaat menyusui anak kambing kadang tak jarang juga kita jumpai.

Untuk mengatasi penyakit ini kita bisa gunakan beberapa siung bawang putih dicampur menggunakan garam, kita tumbuk halus dikasih air hangat kemudian buat ngompress bagian yang sakit .

Penyakit Tetanus

Penyakit ini paling sulit untuk bisa diobati namun terdapat bebarapa cara buat pencegahan, yaitu dengan cara  melakukan prefentif galat satu cara memotong plasenta yg basah dan relatif panjang dan kemudian mengolesinya menggunakan kunyit dengan tujuan supaya nir terkena baksil tetanus yang umumnya melalui ujung plasenta ini.

Saya telah membahas tetanus pada goresan pena berikutnya.

Penyakit Diare /Mencret

Penyakit ini jua kadang menyerang kambing etawa yang umumnya ditimbulkan kuliner sejenis yg hiperbola atau karena kambing memakan hijauan kuliner ternak yang berupa daun yg masih terlalu muda  yang berlebihan.

Untuk mengatasi penyakit Mencret pada kambing etawa cukup menggunakan mahkota yang kuasa, apabila didaerah anda tersedia buah mahkota tuhan itu sanggup kita gunakan untuk obat mencret, 

cara nya merupakan dengan mengiris iris beberapa buah mahkota yang kuasa kemudian campukan dengan garam dan air panas, sesaat sehabis dingin minumkan dalam kambing yang terserang diare atau mencret tersebut, 

apabila pada wilayah anda susah menemukan butir mahkota dewa anda sanggup melakukan terapi makanan kambing menggunakan mencampur daun jambu biji yang dicampur dengan garam secukupnya.

BEBERAPA PENYAKIT PADA TERNAK KAMBING ETAWA - Nah itu beberapa penyakit ringan pada jenis kambing etawa mudah mudahan bermanfaat. Semoga kedepannya Usaha Peternakan Kambing rekan rekan sahabat ternak bisa semakin maju dan menguntungkan,

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat, Silahkan Bisa di share ke yang lain nya.

Penyakit Pada Kambing Etawa

No comments

Powered by Blogger.