CARA MENGAWETKAN TELUR ASIN AGAR BERKUALITAS

Pengawetan Telur Asin  - Telur merupakan produk peternakan mengandung nilai asam amino esensial yg diharapkan tubuh manusia. Kendati mempunyai kandungan gizi tinggi, telur mudah rusak akibat bakteri, diantaranya salmonella, bahan kimia berdasarkan imbah, dan benturan atau gesekan.

Ambar turatminah, Salah seorang ketua kelompok candi P jaya yg memperoduksi telur asin rasa udang, menyampaikan telur segar menggunakan mutu baik disimpan tidak melewati jangka waktu lebih dari dua minggu. 

Bila disimpan lebih dari saat itu, telur akan rusak dengan kerusakan telur maka akan menurunkan secara kualitas dan secara harga konsumen.

Kerusakan terjadi dikarenakan keluarnya gas`karbon dioksida dari telur sehingga menaikan derajat keasaman produk tadi. Penyimpanan telur dalam saat lama   tanpa pengawetan bisa menyebaban penguapan sebagai akibatnya bobot telur menurun & putih telur sebagai encer.

Telur yg diawetkan dapat memperpanjang daya simpan menimal seminggu tanpa mengurangi nilai gizi di dalamnya. Dan Telur yang berkualitas baik maka usia pengawetannya akan lebih maksimal.

Memilih mengawetkan telur dengan mengunakan bubur berdasarkan adonan tanah liat, bubuk batu bata, abu gosok, dan garam dengan komposisi tertentu. 

Pengawet telur dapat dilakukan dengan penurun suhu, yakni maksukan dalam lemari es dalam suhu lima derajatcelsius, ini untuk telur tahan 30 hari.

Pengawetan Telur Asin

Pengawetan Telur Asin
Pengawetan lain dengan mengunakan minyak sayur atau lilin encer yang dioleskan pada telur. Pengawetan ini membuat telur hingga 2bulan. 

Telur juga dapat diawetkan menggunakan cara pengasinan, dengan cara memasukan cairan pengawetan garam mengunakan jarum injeksi kedalam telur.  

Cara Cara pengawetan Telur asin sangat beragam dan bervariasi tinggal bagaimana para peternak ingin menjaga kualitas telur agar tetap menjadi makanan yang mempunyai protein dan gizi yang baik serta masyarakat bisa mencintai produk tersebut.

Lubang lalu ditutup menggunakan selotip atau lilin. Lalu direbus, akan tetapi ini tahan tiga & 4 hari. Cara pengasinan lainya adalah dengan merendam pada campuran air & garam selama lima hari samapai 10 hari. Telur dengan cara ini tahannya sampai seminggu.

Pemanfaatan Telur Bebek karena telur bebek lebih banyak kandungan gizinya dari pada telur ayam. Perbandingan telur ayam dan bebek menjadikan harga telur bebek lebih sedikit mahal.  

Selamat Beternak 

No comments

Powered by Blogger.