pemeliharaan itik masa grower/pertumbuhan

pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan - Periodesasi pemeliharaan itik mudah dibagi tiga termin, yaitu pemeliharaan dalam masa starter, masa grower, & masa layer, dimana itik telah berproduksi. 

Dalam kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan, dikatakan masa grower lantaran itik dalam masa ini sedang mengalami masa pesatnya pertumbuhan, dan melewati masa krisis kematian, adapun tentang usia, pada masa ini itik berusia diatas 4 minggu atau 1 bulan, terdapat beberapa teori mengungkapkan masa grower adalah masa dalam minggu ke 5 sampai dengan minggu ke 22. 

Itik dalam usia ini telah tumbuh bulu, di awal- awal tahap masa grower itik mengalami pertumbuhan pada bulu dada & sedikit tumbuh bulu di wilayah punggung.

pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan

pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan
Tata laksana pemeliharaan pada masa ini pun sedikit tidak sama dibandingkan menggunakan masa sebelumnya atau masa starter, dimana pada usia ini itik tidak membutuhkan pengawasan ekstra atau tidak perlu lagi menggunakan pemanas protesis misalnya lampu atau kompor, tetapi sanggup sendiri pada turunkan di tanah/ lantai, tentunya lebih baik bila alas kandang memakai bahan menggunakan daya serap tinggi, misalnya kulit padi, jerami kering, tatal kayu, ataupun serbuk gergaji.

Pada masa ini ada 2 cara pada pemeliharaannya yang pertama adalah menggunakan sistem pada kandangkan (intensif) dan dengan sistem pada gembalakan (angon), pada sistem dengan pada kandangkan umumnya lazim dilakukan buat itik dengan jumlah diatas 1000 ekor, karena apabila di angon maka terlalu banyak, sehingga sanggup mengakibatkan hilangnya ternak, ataupun kematian. 

Pada masa pertumbuhan ini usahakan diberikan kesempatan buat bermain menggunakan menyediakan wadah untuk bermain yg relatif luas yg dilengkapi menggunakan tempat buat mandi (kolam kecil), meskipun beberapa teori menyatakan sistem intensif merupakan sistem irit air, yg mana air hanya wahana buat minum itik, tetapi pada masa grower ini itik butuh keseimbangan, dengan seringkali mandi itik akan lebih sering mengeluarkan kelenjar minyak bulu sebagai akibatnya bulunnya sebagai rupawan, dan dengan seringnya beranjak, otot tulang itik akan terbentuk menggunakan baik sekaligus mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh itik, buat itu dibutuhkan wadah yg relatif luas buat bermain. 

Bila sangkar atau kandang pembesaran/grower tidak mempunyai halaman atau lingkungan kandang yg luas, pemberian  pakan harus diikuti dengan pengontrolan berat badan yang dilakukan setiap minggu. 

Cara yang bisa dilakukan merupakan menggunakan merogoh beberapa itik secara acak untuk di timbang, jika berat badan tersebut diatas rata- rata, maka harus pada kurangi sedikit, & sebaliknya bila kurang haruslah ditambah, berat homogen- homogen itik pada usia 4 sampai lima bulan buat jenis mojosari lebih kurang 1,tiga sampai menggunakan 1,4, 

adapun jenis tegal, magelang berat itik masih lebih tinggi dibandingkan menggunakan jenis mojosari. Selain itu juga pemberian  pakan terlalu banyak baik secara kualitas juga kuantitas dapat mengakibatkan tercapainya dewasa kelamin yang terlalu cepat, syarat ini menyebabkan telur yang dihasilkan pada ketika awal awal bertelur terlalu mini  , & besarnya telur agak lama  , 

selain itu pula bisa mengakibatkan masa produksi yang relatif pendek, atau masa rontok bulu (moulting ) lebih cepat jika syarat itik tersebut normal, beberapa pengalaman menunjukkan apabila penggunaan pakan di lakukan tanpa batas (full), itik mojosari mampu sempurna bertelur pada usia 4 bulan, bahkan dari pengalaman salah  seseorang pemelihara dari wilayah sekitar makasar, itik mojosari sanggup bertelur dalam usia tiga bulan 23 hari, 

namun impak lain selesainya itu pada usia 9 bulan atau 10 bulan beberapa itik mengalami moulting. Padahal secara normal apabila itik mulai bertelur pada usia lima hingga 6 bulan itik bisa berproduksi dalam periode pertama selama 10 hingga 12 bulan. Dan masa pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan akan menjadi sangat lebih susah.

Dalam ketika itik berumur dua,5 bulan hingga 4,5 bulan pemberian  pakan wajib  sahih- benar diawasi, agar nir terjadi kelebihan konsumsi pakan yang dapat mengakibatkan itik bertelur secara dini. Selain pakan konsentrat, itik pada pemeliharaan itik  masa grower/pertumbuhan usahakan juga diberikan pakan berupa hijauan segar menjadi sumber vitamin, antibiotik, dan pendongkrak nafsu makan.

No comments

Powered by Blogger.