KEONG MAS PAKAN ALAMI TERNAK ITIK

Keong mas Nutrisi alami Ternak Itik - Dimusim hujan ketika ini banyak sekali kita jumpai keong mas didaerah persawahan, disatu sisi keong mas dipercaya sebagai hama tanaman , tapi disisi lain keong sangat berguna menjadi sumber nutrisi alternatif bagi ternak itik kita.

Pada pengembangan ternak itik, keong mas (sesudah dicincang) merupakan kuliner campuran sebagai asal protein yang murah. Selain mengandung banyak protein, keong mas pula kaya akan kalsium. Keong mas bisa juga dijadikan tepung, setelah direbus, dikeringkan & digiling terlebih dahulu, kemudian dicampur menggunakan dedak padi & menir dengan perbandingan masing-masing 3,4 %, 73,tiga persen, & 23,tiga % (Bagus, 1999).

KEONG MAS PAKAN ALAMI TERNAK ITIKPenggunaan keong mas menjadi makanan itik menjadi asal protein hewani telah dilakukan dari tahun 1985 (Kompiang dkk., 1985). Akhir-akhir ini poly daerah padi dan wilayah ternak itik misalnya halnya pada wilayah Banten, Jawa Tengah, Riau, & beberapa daerah pada Sulawesi & Kalimantan sudah memanfaatkan keong mas ini menjadi asal pakan itik. 

Di Sumatra Selatan, anugerah ramuan keong mas 10% memberikan pertumbuhan yang baik bagi itik dalam periode layer (bertelur). Di Pasaman, penggunaan keong mas buat pakan itik mampu menaikkan output telurnya mencapai 80 %.

Keong mas Nutrisi alami Ternak Itik

Keong Mas Nutrisi Alami Ternak Itik
Pemberikan tepung keong mas pada peternakan ayam broiler pula telah dilakukan sang Widyatmoko (1996). Tepung tubuh & cangkang keong mas memberikan nilai pertumbuhan yg cukup baik bagi peternakan ayam. Hal yang cukup mengejutkan bahwa penggunaan tepung yg berasal menurut cangkang keong mas jua memberikan nilai pertumbuhan yg indah. 

Selain dalam bentuk tepung, silase daging keong mas pula sudah terbukti menjadi asal pakan ternak bagi ruminansia & ayam buras (BP2TP Sumatra Utara, 2006). Pakan yang berbasis protein keong mas pernah diujicobakan pada peternakan burung puyuh (Coturnix coturnix) dan memberikan pertumbuhan yang baik.

Keong mas sebagai asal pakan ikan & organisma perairan lainnya saat ini telah mulai poly dilakukan sang berbagai kalangan para pembudi daya. Pada pemeliharaan ikan patin (Pangasius sp.) tepung keong mas  dari tahun 1999 telah diujicobakan. 

Pada penggantian kandungan tepung ikan menjadi tepung keong mas sebesar 25-75 persen memberikan impak yang relatif baik terhadap laju pertumbuhan harian individu, efisiensi pakan, retensi protein & retensi lemak (Sholikhati, 1999). Keong mas yang dipotong-potong lalu ditaburkan pada kolam ikan patin juga telah dilakukan oleh para petani di Kabupaten Bengkalis.

Pemeliharaan ikan patin (Pangasius sp.) di Bengkalis, menggunakan pakan keong mas memberikan output yang relatif baik bagi pertumbuhan ikan tersebut. 

Pada budi daya ikan nila (Orochromis niloticus), komposisi 50% tepung ikan dan 50% telung keong mas memberikan pertumbuhan yang cukup baik, dengan nilai konversi pakan yg rendah (Abdullah,2000). Di Medan, pakan ikan mas dibuat ransumnya dari keong mas.

Dalam pembuatan pakan ikan mas, bisa diperoleh kurang lebih 170 kg tepung keong mas/minggu.

Pada pemeliharaan ikan gabus (Chana striata) yg diberi pakan keong mas menaruh pertumbuhan yang relatif baik. Selain itu, pakan yang dibuat berdasarkan keong mas pula sudah dilakukan dalam pemeliharaan ikan sidat (Anguilla sp.).

Penggunaan keong mas buat pakan Krustase telah dibuktikan pada udang dan kepiting. Pada budi daya udang windu, penggunaan pakan keong mas telah dilakukan dalam uji coba sang Bombeo-Tuburan dkk. Pada tahun 1995. 

Pada pematangan gonad kepiting bakau (Scylla spp.) pada Pantai Mayangan (Subang) bisa diketahui bahwa hadiah pakan berupa keong mas dapat mempersiangkat hingga 1/3 kali masa pemeliharaan dibandingkan dengan pemberian  pakan yang berasal menurut ikan. 

Penggunaan keong mas buat pakan lobster air tawar sudah diujicobakan pada suatu universitas pada Yogyakarta & jua sudah dilakukan oleh beberapa petani yg membudi daya lobster. dan itulah manfaat Keong Mas Nutrisi Alami Ternak Itik

No comments

Powered by Blogger.