PENYEBAB KELUMPUHAN PADA BEBEK

Penyebab Kelumpuhan Pada Bebek - Seringkali kita jumpai penyakit lumpuh dalam bebek/itik, sore sehat, tahu- memahami pagi sudah lumpuh, & ini mampu berakibat pada kematian hewan ternak. 

Beberapa penyebabnya adalah kualitas pakan yang tidak baik atau terlalu usang berada di tanah becek, karena itu dianjurkan agar jangan memberi pakan botani misalnya jagung, atau homogen bungkil yang disimpan terlalu usang pada dalam gudang, penyebabnya adalah pakan tersebut mengandung bakteri aspergillus flavus yg bisa meracuni pencernaan itik sebagai akibatnya menyebabkan kelumpuhan. 

Selain itu juga lumpuh yg disebabkan makanan merupakan itik tersebut makan bangkai hewan yang meninggal, seperti tikus, bangkai unggas, ular, serangga, cicak, dsb. Terutama buat yang memakai sistem angon maka akan dijumpai itik lumpuh karena makan bangkai. 

Adapun pertanda- tandanya merupakan itik yg menderita keracunan adalah itik nafsu makannya berkurang atau lebih ekstrim tidak mau makan, berdiam diri, bahkan tidak mau minum, jadi mampu saja terdapat dua kemungkinan 
- penyebab matinya, yg pertama merupakan lantaran tewas kelaparan, 
- yang kedua mangkat  lantaran racun yang terkandung dalam pencernaan itik. 

Penyebab Kelumpuhan Pada Bebek

Kelumpuhan Pada Bebek
Adapun cara mengatasinya adalah menggunakan atau memakai obat terbaru ataupun bisa menggunakan ramuan tradisional menggunakan cara mengumpulkan 100 lembar daun mengkudu, 10 lbr daun pepaya dan 1 kg temu hitam, seluruh bahan ditumbuk halus kemudian direbus hingga matang. 

Selesainya itu angkat dan saring, air rebusannya lalu dicampurkan dalam ransum pakan yg diberikan ke itik. Buat jenis obat yang modern sangan variatif sekali ragam nya, contoh salah satunya merupakan trimizyn. 

Obat penyembuh untuk kelumpuhan pada bebek sudah sangat banya di praktek para peternak agar bisa bebeknya kembali sehat dan bisa berjalan kembali. Untuk itu pengawasan dalam pola makan bebek menjadi faktor pencegahan bebek terkena penyakit kelumpuhan

Kelumpuhan pada bebek pula sanggup terjadi karena ternak kekurangan vitamin A, tandanya selain kakinya nggak mampu digerakkan dan di sekeliling mata itik pula tampak mengering. Mata bebek sedikit cekung menandakan kelumpuhan pada bebek karena kandungan vitamin A kurang.

Namun kadang- kadang juga mengeluarkan air mata yang hiperbola, pencegahannya sanggup diberikan hijauan segar minimum lima gr/ekor/hari. 

Selain itu sanggup jua diatasi dengan pemberian minyak ikan atau vitamin A buatan. Terdapat cara tradisional buat mengatasi kelumpuhan pada itik, yaitu dengan memberikan butiran es batu atau memberikan satu sendok makan air es.

Kesimpulannya kelumpuhan dalam itik adalah penyakit yg serius, maka berdasarkan itu yg perlu diperhatikan merupakan pakannya dan kebersihan sangkar, dan mensterilkan lingkungan lebih kurang menurut kemungkinan adanya bangkai sehingga tidak terpengaruhi Bebek ternak kita. Kelumpuhan Pada Bebek harus segera di atasi agar tak menjalar kepada bebek yang lainnya.

No comments

Powered by Blogger.