BETERNAK ITIK DI LAHAN YANG KERING

Berternak Itik di Lahan Kering - Berternak Itik tidak harus di lahan basah atau terdapat air. Untuk bisa usaha di bidang peternakan, lahan kering pun bisa di manfaatkan untuk beternak itik.

Adapun dalam beternak bebek di lahan basah dan di lahan kering ada perbedaan perbedaannya. seperti perbedaan dalam pembuatan kandang, perlakuan pemberian pakan dan perawatannya.

Berternak Itik di Lahan Kering

Berternak Itik di Lahan Kering
Pembuatan sangkar

Lokasi kandang

· Angin bisa masuk sehingga terjadi Pertukaran udara, dan sinar surya Gampang masuk ke pada sangkar ,Tidak becek dan tanahnya padat/ Berpasir. Ditinggikan buat memudahkan Sistem pengeringan Jauh dari Keramaian & kemudian lalang orang/ Kendaraan serta dekat asal air.

Konstruksi sangkar atau kandang itik

Kandang itik dibentuk sistem ren (hamburan), terdiri berdasarkan 2 bagian Bagian muka dipakai buat loka itik bermain, makan & minum menggunakan ukuran 4 x 10 m, disekatmenjadi lima bagian dengan berukuran 2 x 4m, di sekelilingnya dibentuk pagarsetinggi 1 m. 

Bagian belakang digunakan buat tempat itik tidur & bertelur dengan berukuran 3 x 10 m,disekat sebagai 5 bagian dengan ukuran dua x 3 m. 

Di atap dan pada dinding rapat, kecuali dinding bagian depan (menghadap ke tempat bermain) dibagi 2, bagian alas diberi jerajak sedangkan bagian bawah selinggi 50 centimeter ditutup kedap dan dibentuk pintu. Lantai diberi bubuk gergaji/cincang kayu (sekam)

Bibit Itik Untuk Lahan Kering

· Ciri generik bibit yang baik: mata cerah & bersinar, sehat & lincah, bulu bersih & mengkilap, kaki kokoh, sayap tersusun rapi di badan, dan bentuk tubuh seperti botol.

· Jenis itik yang dipelihara yaitu itik Pitalah umur 4-5 bulan sebesar 100 ekor, 10 ekor jantan dan 90 ekor betina, masing-masing petak diisi 20 ekor (2 jantan dan 18 betina)

Pemberian pakan Bebek

· Formula pakan yang digunakan 4 : 4 :dua (dedak, jagung dan konsentrat), diberikan sebesar 150 g/ekor/hari pada bentuk bubur (dibasahi terlebih dahulu).

Peluang Dampak beternak itik di lahan kering

· Berpeluang besar  diadopsi peternak lantaran pemeliharaan itik secara berpindah-pindah & tanggal sulit dilakukan pada pedesaan (padi sawah sangat intensif, pemakaian insektisida hiperbola, & upah tenaga kerja tinggi).

· Meningkatkan populasi dan produksi telur itik

Arti ekonomi & sosial

· Itik mulai bertelur umur lima bulan,mencapai puncaknya pada umur 1 tahun sesudah itu mulai mengalami gugur bulu. Diperkirakan dalam pemeliharaan 2 lahun (730 hari)berproduksi sebanyak 70%. Meningkatkan pemanfaatan tenaga kerja perempuan  .

Berternak Itik di Lahan Kering

No comments

Powered by Blogger.