MENGENAL JENIS JAMBU AIR UNTUK PELUANG USAHA

MENGENAL JENIS JAMBU AIR UNTUK PELUANG USAHA - Usaha perkebenunan memang masih belum seramai usaha jenis yang lainnya., tetapi kebutuhan akan buah buahan segar masih menjadi primandona masyarakat. Buah yang segar dan murah adalah yang biasa di cari para konsumen dan buah tersebut sangat laku di pasaran.

Buah Jambu termasuk buah yang murah dan mempunyai manfaat yang banyak. selain itu buah jambu juga bisa di buat makanan olahan lagi yang mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi.

Mengenal Jenis Jambu Air
Mengenal jenis-jenis jambu air - Jambu air mempunyai aneka jenis dengan bentuk. Beberapa jenis jambu air yang poly ditemui pada pasaran diantaranya:

MENGENAL JENIS JAMBU AIR UNTUK PELUANG USAHA

Jambu air cengkih

Jambunya berwarna merah & pada dalam kering nir berair. Jambu air cengkeh bentuknya misalnya cengkeh & cita rasanya cantik

Jambu ar madu

Umumnya seluruh jenis jambu madu tidak memiliki biji.
Membudidayakan jambu madu mampu menggunakan Perbanyakannya dapat dilakukan secara vegetatif baik asal dari okulasi, sambung pucuk atau cangkokan.
Ada 3 jenis jambu madu :
A. Jambu madu DELI HIJAU
B. Jambu madu KESUMA MERAH
C. Jambu Madu SUPER GREEN ( Jambu Madu Supe


Jambu air king citra

Jambu air citra. Jambu jenis gambaran ini terkenal manis cita rasanya. Selain itu ukuran buahnya tergolong akbar ketimbang jambu air lainnya. Satu buah jambu air citra mempunyai bobot sampai mencapai 300 gr, sekitar seukuran kalung susu.

Ukuran tinggi pohon jambu air citra kurang lebih 4-5 meter dengan tajuk lebih kurang dua meter. 

Pohon ini rimbun & nisbi pendek dibandingkan jenis jambu air lainnya. Bentuk btg pohon jambu gambaran bundar , permukaannya halus berwarna coklat & bercabang-cabang. Daun-daunnya berbentuk tombak memanjang menggunakan perbandingan panjang & lebar daun sekitar 3:2. Warna daun belia merah keunguan atau merah agak coklat sedangkan ketika tua berwarna hijau. Bunga jambu air citra bertipe spatula dengan warna mahkota kuning muda. Buah jambu gambaran berbentuk lonceng tak berlekuk kurang lebih 1-12 butir per tandan.

Keunggulan pohon jambu air citra lainnya merupakan mempunyai ketahanan terhadap hama penyakit tanaman  seperti jamur daun, penggerek batang, dan ulat pemakan daun.


Jambu air kampret

Jenis Jambu air ini mempunyai citra rasa yang sangat manis dan jambu ini termasuk jambu yang di sukai oleh hewan kelelawar. Asal nama jambu kampret karena nama kampret di ambil dari nama kelelawar menurut bahasa jawa.

Jambu air king rose

Jambu air king rose. Sesuai menggunakan namanya, jambu air king rose berwarna merah legam seperti bunga mawar.

Ukuran buah jambu king rose mampu mengkategorikan jumbo, menggunakan berat normal sekitar 200 - 300 gr per butirnya. Karena ukurannya yg besar  itu, poly yg menyebut king rose menjadi jambu air super besar. Jenis Jambu Air King Rose termasuk dalam kategori unggulan dan sudah banyak yg membudidayakan. Harga jambu king rose pada pasaran relatif tinggi. Satu kilogramnya dijual dengan harga 30.000-50.000. Rasa buah jambu air king rose sangat cantik dan segar. Istimewanya, kadar airnya cukup tinggi & umumnya tanpa biji. Apabila dibudidayakan, ia mulai berbuah pada usia kurang lebih dua tahunan.


Jambu air lilin

Jambu yg poly masih ada di wilayah cikampek memang menurut segi penampilan sagat menarik. Lantaran bentuknya seperti terbungkus lilin dan kinclong. Jambu ini sangat anggun & jadi primadona pada daerah tadi.Keunggulannya tidak berbeda menggunakan jambu lilin merah, yaitu cita rasanya manis dan produksinya tinggi. Namun, rasa cantik ini belum mampu dirasakan bila buah masih belia. Pada waktu buah masih muda cita rasanya sepat. Dibanding jambu lilin merah, produksi butir jambu lilin hijau lebih banyak. Bentuknya mirip jambu lilin merah.

Jambu air madura

Tanaman jambu air madura sering juga pada sebut jambu air camplong hanya ditemukan di daerah Madura dalam pekarangan atau kebun. Tanaman ini sanggup memberi penghasilan yg cukup, meski diusahakan dengan teknologi budi daya yang sangat sederhana. Apabila ditanam menggunakan teknologi budi daya yg lebih baik, dipastikan produksi buah jauh semakin tinggi.

Jambu air irung petruk

Tampilan fisik butir jambu ini acapkali diidentikkan dengan hidung si hidung Petruk, keliru satu tokoh pada kisah pewayangan. Alhasil, banyak kalangan menyebutnya sebagai jambu Irung Petruk. Namun demikian, selain terkenal karena bentuknya, jambu ini jua cantik & renyah waktu dimakan.

Menurut habitatnya, jambu air irung Petruk diyakini asal berdasarkan daerah Yogyakarta & masuk dalam golongan jambu yang berasa manis (syzygium semarangense)

Jambu irung Petruk buahnya cenderung panjang yakni antara 6,5-9 cm & agak membengkok menyerupai hidung si hidung Petruk. Sedangkan bobotnya antara 85-110 gram tiap buahnya. Warna kulitnya merah gelap menggunakan tekstur daging buah yang renyah dan rata-homogen mempunyai 1-tiga biji pada dalam buahnya.

Bagi para pencintanya, jambu irung Petruk dinilai istimewa karena bisa berbuah tiga kali pada satu tahun.

Jambu air kancing

Jambu air jenis jambu kancing adalah jenis jambu non biji bertubuh kecil yang selalu menyedot perhatian calon konsumen. Warna merah yang apik dipadukan dengan hijaunya daun adalah keliru satu keunggulannya. Jenis Jambu ini sangat banyak di budidaya kan dan di kembangkan di banyak daerah.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha pembibitan jambu kancing, berikut rapikan cara & sedikit ringkasan tentang seluk beluk jambu kancing.

Ciri-karakteristik Buah Jambu Kancing

Berwarna merah merona, agak kehitaman apabila terlalu masak
Tekstur buah renyah garing
Memiliki rasa asam menyegarkan meski telah masak
Sifat buah bergerombol menggelantung pada satu ranting seperti kancing
Kuping jambu lebih kecil & tidak berbiji
Fisik holistik buah mungil & mengecil di bagian pangkal batang
Mengandung poly air

close
MENGENAL JENIS JAMBU AIR UNTUK PELUANG USAHA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment