HAL DASAR DALAM BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR

Budidaya Ikan
Budidaya Ikan tawar

HAL DASAR DALAM BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR - Ikan air tawar seperti ikan nila, gurame, dan lele adalah ikan yang banyak dikonsumsi masyrakat. 

Baca Juga ; Peluang Usaha Beternak ikan Patin

Pemasarannya pun luas dari desa sampai kota. Permintaan ikan air tawar ini selalu meningkat dari hari ke hari. Untuk itulah, peluang budidaya ikan ini bisa dicoba. Anda bisa mendapatkan tambahan uang dari keuntungan usaha budidaya ikan ini.

Untuk ikan tawar yang ingin dibudidayakan anda harus mengerti beberapa hal dasar agar panen ikan air tawar anda bisa sukses.

Hal dasar Dalam Budidaya Ikan Air Tawar Konsumsi

Ikan air tawar sebenarnya cukup tahan dengan beberapa penyakit. Tetapi jika tidak ditangani dengan baik, penyakit yang telah terjangkit di ikan bisa menyebabkan kerusakan fatal dan bisa merugikan anda. Hal-hal yang haarus anda perhatikan adalah:

Kolam yang ingin anda gunakan untuk budidaya ikan harus steril. Ada tipe kolam yang bisa anda gunakan, yaitu kolam tanah, terpal, dan beton. Untuk kolam tanah, sebaiknya lakukan pengeringan beberapa hari untuk membunuh mikroba atau bakteri jahat. 

Sebaiknya buang tanah pada dasar kolam jika penggunaan kolam telah yang kedua kali. Untuk ketiga kolam ini, pencegahan masuknya penyakit bisa dilakukan dengan memberi sedikit garam. Agar biota air bisa tumbuh, beri sedikit kapur dan  beberapa pupuk ke kolam.
2.   Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit untuk budidaya ikan haruslah yang unggul. Jika tidak, maka ikan akan mudah terserang penyakit dan panen tidak maksimal. 

Dalam pemilihan bibit, pilihlah ikan yang sehat. Ini ditandai dengan lincahnya pergerakan ikan. Ikan pun mampu bernafas dengan baik di air. Anda bisa mendapatkan bibit unggul dengan melakukan pemijahan sendiri atau membeli bibit dari tempat lain.
3.   Pemberian Pakan

Semua jenis ikan air tawar cenderung memiliki kesamaan, yaitu karnivora pada waktu kecil dan herbivora pada waktu sudah besar. 

Sewaktu kecil, anda bisa memberi makan dengan cacing sutra. Selanjutnya anda bisa memberi makan daun-daunan dan atau pakan jadi pembelian dari toko. Selalu rutin beri makan untuk mendapatkan kualitas panen yang baik.
Untuk anda yang mempunyai lahan lebih dan beberapa uang untuk modal, budidaya ikanbisa menjadi hal yang menguntungkan.

Keyword terkait: budidaya ikan hias, budidaya ikan gurame, budidaya ikan cupang, budidaya ikan koi, budidaya ikan patin, budidaya ikan gabus, budidaya ikan nila, budidaya ikan bawal.

close
HAL DASAR DALAM BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment