BUDIDAYA GURAME DALAM KOLAM TERPAL

budidaya ikan gurame
Budidaya Gurame dalam Kolam Terpal - Ikan gurame adalah ikan yang hidup di air tawar yang pembubidayaannya tidak memerlukan proses yang rumit. 

Ikan ini juga banyak digemari oleh semua kalangan. Untuk anda yang ingin budidaya ikan gurame, anda bisa mencoba menggunakan terpal sebagai alternatif kolam karena kolam terpal akan lebih mudah dibersihkan daripada kolam tanah.


Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal


Untuk budidaya ikan gurame menggunakan kolam terpal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.     Pembuatan kolam

Kolam bisa anda buat dengan menggali tanah pada kedalaman tertentu. Lalu masukkan terpal di atasnya. Rangkanya bisa anda buat dari besi atau kayu. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya jangan langsung gunakan terpal setelah pembelian. 

Bersihkan terpal terlebih dahulu agar kandungan kimia pada terpal hilang. Setelah anda memasang terpl, sebaiknya taburi sedikit garam agar bakteri yang tersisa bisa mati.


Penebaran Bibit

Setelah kolam siap, selanjutnya adalah penebaran benih. Untuk benih, anda bisa melakukan pemijahan sendiri atau membeli benih yang sudah siap. Pilihlah benih yang sehat dan terhindar dari penyakut. 

Dalam penebaran benih, jangan langsung memasukkan ikan ke kolam. Masukkan ikan beserta kantong plastik sebelumnya perlahan-lahan agar ikan menyesuaikan suhu sebelumnya dengan suhu kola, setelah itu, buka kantong plastik perlahan-lahan dan lepas ikan ke kolam terpal anda.

PemBerian Pakan

Saat kecil, beri pakan gurame dengan cacing sutra atau kutu air. Setelah dewasa, anda bisa memberi makan dengan pelet dan daun-daunan. Daun-daunan seperti kangkung, daun pepaya, dan daun ubi jalar akan meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan ikan gurame anda.

Jika anda ingin mendapatkan panen yang maksimal untuk budidaya ikan gurame anda, sebaiknya selalu perhatikan kebersihan kolam anda. Kotoran ikan dan pakan yang tidak termakan mengandung amonia yang berbahaya untuk ikan. 

Anda bisa melakukan pembersihan kolam seminggu sekali dengan membuang air bawah kolam yang kotro dan menggantinya dengan yang bersih. Untuk kolam yang tidak terlalu kotor, anda bisa malakukannya 2 atau 3 minggu sekali. Kebersihan kolam akan membuat ikan gurame bebas dari penyakit dan tumbuh dengan baik.

No comments

Powered by Blogger.