CARA USAHA BETERNAK BELUT AGAR CEPAT PANEN

CARA USAHA BETERNAK BELUT AGAR CEPAT PANEN - Belut selain mengadung banyak protein juga mampu untuk meningkatkan stamina bagi pria. Mitos inilah yang menjadikan konsumsi belut semakin hari semakin membaik. 

Dengan bertembahnya tingkat konsumsi jelas menambah peningkatan akan permintaan belut. Selain pasar dalam negeri permintaan belut untuk pasar dalam negeri pun sampai tidak nisa terpenuhi.

Peluang bisnis ini yang menjadikan para peternak belut selalu berinovasi agar selain harga belut yang baik juga di harapkan agar panen lebih bisa cepat daripada yang biasanya. 

Sebelum kita membicarakan tentang bagaimana untuk mempercepat masa panen ada baiknya kita mengenal dahulu jenis jenis dari belut yang bisa di ternak atau di budidayakan. Jenis enis tersebut antara lain :


CARA USAHA BETERNAK BELUT AGAR CEPAT PANEN


- jenis belut sawah ( monopterus albus )

Ukuran bentuknya kecil dan gemuk. Dan biasanya kepala belut jenis ini lebih lancip

- jenis belut Rawa ( synbranchus bengalensis )

Ukuran lebih besar dan panjang, untuk bentuk tubuh lebih langsing dan kepalanya lebih pipih.

Ada dua segmen jenis usaha bisnis belut ini antara lain :

- pembibitan

- pembesaran

Untuk segment pembibitan biasanya bibit di dapat dari hasil tangkapan di alam. Untuk hasil budidaya masih kurang.

Sedangkan yang akan kita bahas adalah segmen bisnis belut di skala pembesaran. Untuk segmen pembesaran maka teknik budidaya nya adalah sebagai berikut:

 memilih jenis dan bibit yang unggul

Jelas untuk mendapatkan hasil yang baik maka kita memerlukan bibit yang unggul. Lalu bagaimana ciri ciri dari binit belut ang unggul. Untuk ciri cirinya antara lain:

- usahakan bibit di peroleh dari hasil budidaya. Karena apabila bibit di peroleh dari hasil tangkapandi kuatirkan tingkat stress pada belut masih ada.

- usahakan untuk ukuran dan jens sama. Tujuan nya agar dalam pembesaran maka pakan akan terbagi rata. Tanpa ada belut yang dominan atau paling besar dimana di saat pemberian makan maka si elut dominan akan tambah besar sedangkan yang lebih kecil akan terhambat tingkat pertumbuhannya.

- tidak mempunyai luka fisik, jamur atau cacat.

- usahakan pilih bibit yang terlihat aktif dan tidak nampak lemas atau loyo.

2.persiapan media pembesaran

Media pembesaran bisa berupa kolam ataupun drum. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di sini kami menyarankan agar menggunakan kolam agar ruang gerak belut lebih luas dan terbuka. Ini juga sesuai dengan panduan dari penyuluh perikanan.

Setelah kita membuat kolam maka langkah selanjutnya adalah pembuaan media tumbuh. Media tumbuh untuk belut adalah berupa Lumpur. Dan Lumpur inilah yang akan menjadikan belut cepat bertumbuh besar. 

Untuk pembuatan media tumbuh lebih baik apabila Lumpur di campur dengan pupuk kandang. Agar unsur pakan Alami masih ada dalam Lumpur tersebut. Selain itu ada bererapa komposisi yang bisa meningkatkan pertumbuhan belut antara lain ;

- sekam padi
- jerami padi
- pelepah pisang
- dedak atau bekatul.


3.Pengaturan air dan jumlah tebar

Setelah persiapan media maka yang perlu di siapkan kembali adalah sirkulasi air untuk media hidup belut. Untuk penebaran bibit dalam satu meter persegi dengan ukuran 10 -12 cm maka jumlah tebarnya adalah 75,ekor per meter persegi. Untuk bisa memahami tentang bagaimana mengatur air bisa di lihat di sini.

4.Pemberian pakan.

Pakan mempunyai peranan sukses dalam usaha pembesaran sekitar 50 person sediri. Jadi untuk mengetahui tentang manajemem pemberian pakan pada belut bisa diklik di sink.

Itulah sedikit artikel untuk membantu para petani dan pembudidaya belut. Semoga sukses.

close
CARA USAHA BETERNAK BELUT AGAR CEPAT PANEN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment