BUDIDAYA JAMUR MERANG DENGAN MEDIA JERAMI DAN KARDUS

Budidaya Jamur Merang Media Jerami dan Kardus
Jamur Merang
Budidaya Jamur Merang Media Jerami dan Kardus - Anda ingin budidaya jamur merang? Jamur merang memang menjadi makanan yang digemari karena rasanya yang gurih. 

Kandungan gizinya yang baik menjadi kegemaran banyak orang. Untuk anda yang ingin melakukan budidaya jamur ini, ada dua cara yang bisa anda pakai. Dan pada prinsipnya budidaya jamur merang bisa di terapkan oleh siapa saja. Karena budidaya merang terbilang gampang dan mudah.



Cara Budidaya Jamur Merang

Budidaya jamur merang bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan jerami dan kardus. 2 Media ini mempunyai penanganan tersendiri. Dan Kedua Media ini mempunyai Karakteristik serta keunggulan dan kelemahan yang berbeda.

Budidaya Jamur Merang Media Jerami dan Kardus

1.     Budidaya Jamur Merang Dengan Media Jerami

Untuk media jerami, bahan utama untuk media adalah jerami. Buat campuran media tanam dengan mencampur jerami, abu sekam,kapur, dan air. Campur dan aduk secara merata lalu diamkan selama 3-4 hari. Untuk hasil yang maksimal, selalu bolak balik campuran setiap hari agar pengomposan berlangsung maksimal. 

Setelah itu, tatalah campuran ke rak-rak pembibitan yan disediakan beri sekam segar pada bagian atasnya dan tauburlah dengan bibit jamur merang. Sirami secukpnya, dan dalam 20 hari jamur merang siap dipanen.

2.     Budidaya Jamur Merang Dengan Media Kardus

Untuk Budidaya jamur merang dengan media kardus, prosesnya kurang lebih sama dengan media jerami, namun di media jerami diganti dengan kardus yang telah diseobek-sobek menjadi kecil-kecil. 

Saat ini penggunaan media kardus untuk budidaya jamur merang lebih populer dari pada penggunaan media jerami. Selain tidak terlalu repot, pengumpulan bahan media pun terbilang gampang dan tak kenal musim.

Campuran media dibuat dengan mencampur sobekan kardus, kapur, pakan hewan, dan air. Diamkan selama 5-10 hari dan setelah itu bisa menanam bibit jamur. Dalam 1-2 minggu, jamur bisa dipanen.

Budidaya jamur dengan dua media diatas bisa berhasil jika anda selalu memperhatikan kelembaban udara dan kesterilan alat yang dipakai selama pembudidayaan. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, anda bisa menggunakan media kardus.

Media kardus untuk budidaya jamur merang akan menghasilkan jamur yang lebih putih. Untuk media jerami, jamur akan terbentuk dengan sedikit kecoklatan. Selain itu, dengan media kardus, jamur merang akan berbau lebih harum dan berbentuk bulat seperti telur. 

Bobot jamur pun akan bertambah dengan media kardus ini. Konsumen pun akan lebih tertarik dengan jamur yang lebih putih dan harum. Jadi, jika anda menginginkan keuntungan lebih, sebaiknya memilih kardus sebagai media penanaman jamur merang. Begitulah artikel mengenai Budidaya Jamur Merang dengan Media Jerami dan Kardus

Pencarian terkait: budidaya jamur merang media jerami, budidaya jamur tiram, budidaya jamur merang pdf, cara budidaya jamur tiram untuk pemula, cara budidaya jamur merang, budidaya jamur kuping, cara budidaya jamur merang dengan media kardus, budidaya jamur merang dengan media kardus.

No comments

Powered by Blogger.