Budidaya Ikan Koi Pembawa Hoki

BUDIDAYA IKAN KOI PEMBAWA HOKI - Siapa yang tidak tertarik dengan ikan yang satu ini. Dengan penampilannya yang unik, ciri ciri ikan koi memberikan daya tarik sendiri bagi semua orang yang melihatnya. 

Budidaya Ikan Koi
Ikan Koi
Warna merah yang mencolok dengan bintik-bintik hitam ini lebih popular di masyarakat karena keindahannya. Tak heran kalau banyak sekali komunitas pencinta ikan koi ini. 


Bukan sebagai santapan makanan, justru ikan ini digunakan sebagai koleksi dan pajangan di aquarium rumah. Selain itu, kepercayaan masyarakat banyak tentang ikan pembawa keberuntungan ini menjadi lebih mudah diterima. Dengan banyaknya peminat ikan koi, ini kondisi tepat untuk melakukan budidaya ikan koi agar membawa penghasilan yang lumayan banyak.

Memulai budidaya ikan koi

Bagi anda yang akan memulai budidaya ikan koi ini. Ada baiknya memperhatikan tahapan-tahapannya dengan benar, agar menghasilkan ikankoi yang berkualitas. Untuk yang pertama anda harus menyiapkan kolam ikan koi. 

Buatlah kolam yang berada dekat dengan cahaya matahari, karena ikan koi ini akan mengalami proses pewarnaan tubuh yang sempurna. Pastikan air kolam harus jerih dan kaya akan oksigen. 

Baca Juga : Dasar dasar Budidaya Ikan Air Tawar

Perhatikan suhu air harus sampai 24-26 derajat celcius. Juga air yang akan dimasukan harus di endapkan terlebih dahulu selama 24 jam.

Selanjutnya anda harus memperhatikan pakannya. Pakan yang diberikan harus bergizi dan mengandung zat karotin atau astasantin, karena dengan pakan yang bergizi ini, akan berpengaruh pada kualitas warna ikan koi juga. 

Saat pembenihan, anda harus menyiapkan kolam yang berbeda untuk pemijahan, penetesan telur dan perawatan benih. 

Dalam sekali pemijahan, biasanya induk betina ini akan menghasilkan 75.000 telur per kg berat badan. Setelah telur menempel pada ijuk barulah ikan betina akan membuahinya. 

Setelah itu, anda harus memisahkan ikan betina dari telurnya. Jika anda memulai budidaya ikan koi ini, pastikan anda mengontrolnya setiap hari.

Setelah bertelur, anda harus menunggu telur itu menetas kurang lebih 2 hari saja. setelah menetas, pastinya harus di berikan pakan yang sesuai karena masa ini merupakan proses pembentukan warna. 

Ikan yang mengalami pertumbuhan lama biasanya akan membentuk warna yang sempurna, tapi apabila ikan stress maka warnanya akan berubah. Terakhir anda bisa memanen ikan koi dengan memisahkan ikan sesuai warna, ukuran maupun jenis. Anda bisa mencoba budidaya ikan koi ini dirumah maupun dikolam yang besar. Selamat mencoba.

Pencarian terkait: harga ikan koi, budidaya ikan koi di kolam terpal, budidaya ikan koi pdf, budidaya ikan koi blitar, budidaya ikan nila, memelihara ikan koi, budidaya ikan koki, budidaya ikan lele.

No comments

Powered by Blogger.