ANALISA USAHA TERNAK KENARI

Usaha ternak kenari memang belu seramai usaha ternak burung lainnya karena belum banyakyang mengetahui bahwa dengan berternak kenari maka keuntungan yang di dapatkan melebihi dari usaha peternakan yang lainnya.

Dalam ternak kenari berpatokan pada ketentuan untuk membuahkan bibit unggul kenari jadi anda mesti memperhatikan bagian - bagian ternak kenari di bawah ini :

1. Kelamin jantan atau Betina. 

bagaimana caranya membedakannya?

Terdapat beberapa langkah memastikan type kelamin burung kenari salah satunya

Bentuk Telurnya : Untuk bentuk telur burung kenari jantan umumnya berupa oval atau lonjong sedang burung betina umumnya berupa bulat

ANALISA USAHA BER-TERNAK KENARI

Bentuk Badannya : Dipandang dari bentuk badannya, burung kenari jantan lebih ramping atau bertubuh memanjang sedang untuk burung kenari betina seringkali bulat.

Kicauannya : Pada burung kenari jantan, ketika usia burung  sekitar sebulan burung kenari jantan selalu ngoceh adapun burung kenari betina umumnya tidak berkicau.


2. Pilih Burung berdasarkan Umur Kenari

Sama dengan manusia, kenari juga mempunyai saat - saat produktif untuk kawin. Usia ideal untuk kawin yaitu burung jantan berusia 8-9 bln dan untuk burung betina seputar 6-7 bln.

Anda mesti cermat dalam memastikan umur burung ini, lantaran bila umur burung terlampau tua atau muda, kualitas anakannya kurang baik.

3. Peletakan Kandang Atau Sangkar

Upayakan sangkar atau kandang diletakan jauh dari keramaian, supaya sistem kawin, bertelur serta pengeraman tidak terganggu. Letakkanlah burung ini di tempat yang bebas dari semut atau serangga lain hingga burung ini tidak terganggu oleh serangga yang menyerang indukan, ataupun anakannya. Pada peletakan sangkar, silakan tempelkan di dinding supaya kokoh hingga tidak gampang goyang atau jatuh.

4. Sistem Penjodohan

Hal yang pertama dikerjakan yaitu sistem pembiasaan, yaitu burung kenari jantan serta burung kenari betina saling diperlihatkan tanpa disimpan dulu di satu kandang. Ketika telah cukup waktunya saling mengenali kedua induk dikumpulkan dalam satu tempat atau sangkar supaya terjadi perkawinan.

Selanjutnya mempersiapkan sarang telur untuk pengeraman, biasanya terdia untuk dibeli di pasar atau anda dapat mencari rumpur kering serta biarlah burung betina yang nanti bakal merakitnya jadi sarang eram. Untuk ukuran normal, telur burung kenari sekali bertelur umumnya 1-4 butir apabila usia produktif bisa mencapai 6 telur.

5. Sistem Pengeraman

Pada ternak kenari, telur - telur burung kenari yang di erami untuk menetas umumnya memerlukan 12-14 hari bergantung pada cuaca. 

Peternak umumnya membantu dengan kehangatan buatan dengan memasang lampu bohlam 5 watt. Penetasan umumnya terjadi tidak serentak tapi berurut satu telur sehari. 

Sangatlah di sarankan untuk memisahkan indukan burung jantan supaya tidak mengganggu sistem pemberian makanan oleh indukan betina.

ANALISA BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI

Modal yang tidak habis pakai :

Beli 1 sangkar ternak Rp 40. 000

1 pasang induk siap jodoh warna standar Rp 800. 000

Jumlah modalnya Rp 840. 000

Modal habis pakai :

Pakan milet I gunakan sepanjang satu tahun 6 Kg @ Rp 10. 000 Rp 60. 000/thn

Sawi + gambas lebih kurang Rp 30. 000/thn

Telur puyuh Rp 35. 000/thn

Julah modal tidak terus Rp 125. 000/thn

Modal keseluruhnya Rp 965. 000

Harga 1 burung Rp 140. 000 serta berterlur 6 kali dengan 4 telur sekali bertelur

Pendapatan sepanjang satu tahun 6 x 4 telur x 140. 000 Rp 3. 360. 000

Keuntungan 1 gunakan induk Rp 2. 395. 000

Keuntungan dari satu gunakan induk kenari perbulan mengahasilkan Rp. 2. 395. 000/12 = Rp. 199. 000

Dilihat dari segi analisis usahanya maka ternak kenari memberi keuntungan yang lumayan sehingga sangat prospektif untuk dijadikan lahan usaha.

Bacaan topik terkait : cara ternak kenari f1, ternak kenari kandang koloni, ternak kenari putih, cara ternak kenari yang baik, kandang ternak kenari, ternak kenari pemula, ternak kenari merah.

close
ANALISA USAHA TERNAK KENARI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment