TIPS USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG YANG SEMAKIN MELAMBUNG

Ternak kampung sistem konvensional adalah sistem peternakan dengan kombinasi antara tradional dan modern. Dimana Sistem ini bisa menghemat dari cost biaya untuk pemberian pakan dan bisa mengejar waktu panen dengan cepat. 

Tetapi apabila sistem Konvensional tersebut tidak di dukung dengan sistem modern dalam pemberian kandangan maka untuk mengejar hasil yang maksimal tentu saja tidak bisa.

TIPS USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG

Untuk itu dalam usaha ayam kampung ini adalah beberapa tips yang bisa di gunakan para peternak diantaranya :

1. Penggunaan Bibit yang Unggul.

Bibit mempunyai peranan sebesar 30 Persen untuk meningkatkan pertumbuhan pada ayam kampung. Ada beberapa cara untuk mendapatkan Bibit yang unggul yaitu membeli DOC atau anakan ayam dari perusahaan penetasan,

Membeli telur ayam kampung yang terbukti menghasilkan ayam kampung yang baik dan di tetaskan sendiri. Atau membeli indukan ayam kampung dimana proses penentasan di lakukan oleh induskan sendiri.

2.Pemberian pakan yang di ukur kadar Gizinya.


Kadang para peternak kita dalam pemberian pakan tidak pernah memberikan berapa nilai gizi atau Nutrisi yang bisa di gunakan untuk perkembangan pertumbuhan ayam kampung. 

Kebanyakan para peternak lebih mencenderung memberi pakan yang mempunyai gizi Karbohidrat saja. padahal ada nutrisi nutrisi lain yang bisa memberikan pertumbuhan ayam kampung dengan cepat dan sehat.

3.Kandang yang fleksibel

Pembuatan kandang yang fleksibel ini dimaksudkan agar kandang bisa di bersihkan dan terhindar dari gangguan hewan pemangsa, Kandang juga di haruskan jauh dari pemukiman. Karena ayam kampung tidak begitu senang dengan kebisingan. 

Untuk ukuran kandang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan berapa banyak ayam kampungn yang akan di pelihara.kandang di usahakan harus tetap kering dan terkena sinar matahari. Selain itu sirkulasi udara juga di perlukan agar ayam kampung tidak terlalu pengab di dalam kandang.

Itulah beberapa Tips yang bisa di gunakan para petani atau peternak ayam kampung. Semoga saran yang begitu sederhana bisa menginspirasi agar usaha ternak ayam kampung bisa Sukses.

Baja Juga

Tips Usaha Beternak Ayam Semakin Melambung

Peluang Usaha Ayam Broiler


Cara Usaha Beternak Ayam Arab

Cara Memelihara Ayam Kampung

Bisnis Ayam Kampung Super

Berternak Pembesaran Ayam Kampung

Cara Mengetahui Ayam Bangkok Berkualitas


Ciri Ciri Ayam Terkena Flu Burung

close
TIPS USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG YANG SEMAKIN MELAMBUNG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment