PAKAN ALTERNATIF USAHA TERNAK LELE

Lele
PAKAN ALTERNATIF TERNAK LELE - Pakan mempunyai peranan dalam kesuksesan budidaya lele sebesar 30 persen. Dan apabila pakan bisa di tekan pemberiannya 

setidaknya akan mengurangi biaya produksi dan pada akhirnya akan menguntungkan petani budidaya ikan lele.

Budidaya ikan lele sebenarnya tidak harus selalu memberi pakan dengan konsentrat terus atau pakan pabrikan yang berupa pur. Tetapi bisa di suplai dengan makanan makanan yang banyak tersedia di alam dan bisa kita manfaatkan sepenuhnya.

Untuk jenis jenis pakan alternatif yang bisa di sarankan kepada para petani budidaya ikan lele antara lain :

PAKAN ALTERNATIF TERNAK LELE


- Pemberian pakan ikan ikan rucah

Ikan rucah merupakan ikan ikan yang telah rusak dan banyak terdapat di daerah pelelangan ikan. Pemberian rucah ikan jelas sangat membantu dari sisi ekonomi dan gizi. Dari sisi ekonomi per kilogram harga ikan rucah di kisaran 2500 rupiah dan bisa menghemat pemakaian pur sebesar 10 ribu rupiah.

apabila harga pur atau pakan konsentrat sebesar 12 ribu rupiah. Dari sisi Gizi kandungan nilai protein dari ikan rucah terbilang tinggi yaitu bisa sampai pada angka 44 persen..

Untuk pemprosesan ikan rucah. Cukup di giling di penggilingan ikan dan di campur dengan dedak / Bekatul. perbandingan ikan dan dedak 2 ; 1.  Pada aflikasi pemberian pakan, Ikan rucah bisa langsung di tebar di kolam budidaya ikan lele

- Pemberian pakan bekicot , keong mas 

Bekicot dan keong mas sangat banyak hidup di pedesaaan pedesaan. Selama ini bekicot dan keong mas belum tersentuh untuk sebagai pakan alternatif pakan lele. 

Padahal dari nilai protein bekicot dan keong mas lebih tinggi dari ikan rucah. Dan untuk harga jelas lebih murah bekicot dan keong mas di banding ikan rucah.

Manfaat dari penggunaan bekicot dan keong mas selain di gunakan sebagai pakan alternatif budidaya ikan lele, juga bisa membantu petani dalam mengendalikan hama pada tumbuhan padi. 

Untuk pemrosesan pakan alternatif bekocot dan keong mas, Sangatlah mudah kita tinggal melepaskan daging dari cangkangnya. Dan tidak memerlukan perlakuan khusus lainnya.

- ayam mati di peternakan
 
Limbah ayam mati di peternakan sangat potensial apabila di manfaatkan untuk pemberian pakan alternatif. Walaupun jarang sang peternak ayam mau untuk memberikan limbahnya sebagai pakan alternatif. 

Maka sebelum kita meminta limbahnya alangkah baiknya kita biscarakan tentang pemanfaatan limbah ayam mati kepada pemilik peternak ayam.

Pemrosesan limbah ayam mati terbilang rumit karena kita sebelum memberi pakan pada lele kita harus membersihkan bulu yang menempel pada ayam mati dan membersihkan kotoran yang ada di dalam tubuh ayam mati tersebut. 

Pembersihan bulu bisa melalui di bakar atau direbus terlebih dahulu baru kita cabut bulunya satu persatu.

Pakan Alternatif untuk ternak lele adalah penggunaan mata lele untuk pakan lele.

Dimana mata lele adalah salah satu jenis tumbuhan yang bisa di gunakan sebagai tambahan nutrisi dalam pemberian pakan untuk ternak lele.

close
PAKAN ALTERNATIF USAHA TERNAK LELE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment