MENGENAL JENIS JENIS KELINCI

Cara Beternak kelinci " Mengenal jenis jenis kelinci " - Berternak kelinci lebih mudah permberian pakannya dari pada beternak kambing. Tapi di satu sisi beternak kelinci lebih susah dalam perawatannya dari pada beternak kambing. Kelinci merupakan hewan yang mempunyai testur daging yang lebih lembut. Keuntungan yang lain dalam kita beternak kelinci adalah hewan yang satu ini mudah beradaptasi dan cepat berkembang biak. 

Kelinci merupakan hewan an mudah di jinakan. dan kelinci bia di budidayakan untuk dua hal yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Sebenarnya dalam berternak kelinci baik kelinci hias maupun kelinci pedaging tidak ada batasannya. 

Kadang kelinci pedaging yang kita ambil berat dan dagingnya karena nampak lucu dan menarik maka kelinci tersebut ikut dalam kategori kelinci hias. Dan kelinci hias yang akan kita pelihara di saat perkembangan tubuhnya pesat dan berat badannya bertambah maka kelinci tersebut bisa juga di kategorikan kelinci pedaging.

Untuk menentukan dan memastikan budidaya kelinci maka kita harus tahu dulu gambaran dan jenis kelinci yang akan kita pelihara. Ada beberapa jenis kelinci yang ada di indonesia antara lain :

 Mengenal jenis jenis kelinci 

1. Kelinci anggora ( Angora )

Kelinci yang termasuk dalam kategori kelinci hias mempunyai sifat umum yaitu bulu yang lebat dan di bawah lutut dan hidung pun terdapat bulu menjadikan kelinci angora ini nampak lucu dan masuk dalam kategori kelinci hias. Perkembangan kelinci anggora di indonesia sudag sangat lama. Kelinci anggora berasal dari ankara,turki di bawa oleh pelaut inggris dan di perkenalkan di perancis dan akhirnya menyebar sebagai binatang peliharaan yang sangat menggemaskan.

Kelinci ini mampu mencapai berat badan pada usia dewasa baik betina atau jantan dengan mencapai berat badan kisaran 2 - 4 Kg.  Dan usia kelinci jenis anggora berkisar di usia 5-7 tahun. Untuk peranakan jenis kelinci anggora dalam satu kali melahirkan bisa melahoirkan 6 ekor anak kelinci.

2. Kelinci Flemish Giant

Jenis kelinci flemish giant termasuk dalam jenis kelinci raksasa. Karena bentuk tubuh yang tinggi dan besar. Flemish giant sangat cocok untuk di kembangkan sebagai kategori jenis kelinci pedaging. Kelinci ini dulu nya berasala dari daratan amerika. Kelinci yang banyak hidup liar di argentina. Ditemukan oleh pelaut inggris dan di bawa ke inggris untuk di budidayakan di inggris yang pada akhirnya menyebar di eropa. Pembudidayan jenis kelinci tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan daging khususnya di inggris. Dalam catatan perkembangan nya banyak juga petani dan pembudidaya kelinci di indonesia kini membudidayakan kelinci jenis tersebut.
Kelinci jenis ini sangat menguntungkan baik di lihat dari segi kelinci pedaging maupun kelinci hias.

3.Kelinci Lop holand

kelinci lop holand atau kelinci lop belanda banyak terdapat di negeri kincir angin ini, kelinci tersebut di budidaya oleh kebanyakan peternak di belanda. Jenis kelinci ini mempunyai mulut yang agak melebar dan hampir menyerupai anak anjing. Jenis kelinci ini sangat di sarankan untuk jenis kelinci hias. Bentuknya unik dan lucu menambah daya tarik tersendiri.
Untuk di indonesia jeni kelinci ini masih sulit untuk di kembankan karena jenis ini belum bisa beradaptasi dengan iklim di indonesia. Iklim indonesia yang tropis dan cenderung ekstrim di saat panas membuat kelinci ini stress dan mudah mati. Untuk panjang tubuh
kelinci lop holand 12- 15 cm



4. Kelinci lop French

Jenis kelinci ini juga sama dengan jenis kelinci lop holand. Perbedaan mencolok nya di bentuk dan bobot panjang tubuh kelinci. Untuk jenis kelinci lop french panjang tubuh kelinci bisa mencapai 30 cm sampai 35 cm dan berat badan bisa mencapai 12 -15 Kg.






5. Kelinci Rex

Kelinci rex juga banyak terdapat di daerah perancis. kelinci jenis pertama kali di temukan di alam liar perancis dan pada tahun 1924 kelinci ini mulai di ekspor keluar prancis. 

Jenis kelinci ini sangat di sukai oleh wanita. Keindahan bulu kelinci rex ini sangat di rekomendasikan untuk budidaya kelinci hias dan kelinci yang diambil bulunya. Warna dari jenis kelinci ini juga banyak  ragamnya antara lain : White Rex, Dalmation White, Blue rex, Pappilon Rex.



Demikian Artikel tentang Cara Beternak kelinci " Mengenal jenis jenis kelinci "  Semoga memberi manfaat bagi para peternak dan wirausahawan yang ingin mengambil peluang usaha beternak kelinci




Selamat berternak

No comments

Powered by Blogger.