MERENCANAKAN CARA MEMBUAT KANDANG KAMBING

Merencanakan Membuat kandang Kambing

KAMBING UMBARAN

Merencanakan Membuat kandang Kambing  - Fungsi dari kandang adalah tempat tinggal yang di gunakan hewan agar apa yang di harapkan kita dalam berternak bisa tercapai. 


Kandang Kambing adalah tempat tinggal untuk kambing. Kalau kita bicara tentang tempat tinggal maka unsur keamanan dan kenyamanan harus benar benar di perhatikan. 



Kandang kambing bisa kita ibaratkan sebagai rumah kita. Sebelum kita membangun rumah maka yang perlu diperhatikan pertama adalah kapasitas rumah untuk berapa orang, model untuk kenyamanan dan pagar untuk keamanan. 


Sebelum kita memulai dalam tahapan pembuatan fisik kandanng kambing maka kita perlukan adalah desain kandang kambing. 


MERENCANAKAN CARA MEMBUAT KANDANG KAMBING


Untuk menggambar desain kandang kambing maka kita harus mengetahui filosofi filosofi yang ada dalam merencanakan pembangunan kandang kambing. Adapun beberapa tahapan dalam membangun kandang antara lain :


1.Tentukan jumlah kambing yang akan di pelihara atau diternakan. 


Jumlah kambing yang menghuni kandang harus di tentukan. Jangan kita ingin membangun kambing dengan kapasitas 10 ekor tapi kandang kambing hanya mampu menampung 7 ekor. Atau sebaliknya kita ingin memelihara 7 ekor tapi kapasitas kandang kambing bisa atau mampu menampung 10 ekor bahkan 15 ekor. 


Maka akan ada pemborosan dalam proses pembangunan kandang kambing. Untuk menentukan Kapasitas luas kandang kambing kita hanya memerlukan luasan 1,5 M untuk satu ekor kambing. Jadi Apabila kita mempunyai luasan tanah sekitar 15 M2. Maka Kambing yang bisa di tampung cuma 10 ekor.


2. Kandang Kambing membujur utara selatan.

Kandang Kambing berbeda dengan kandang ayam buras atau ayam potong. Dimana ayam potong kandang membujur dari barat ke timur untuk Kandang kambing di usahakan membujur dari utara ke selatan. 


Tujuan dari pembuatan kandang kambing harus membujur utara selatan agar matahari bisa menyinari kambing yang berada di dalam kandang di kala siang. Selain itu juga untuk menghindari hembusan angin yang datang dari utara dan selatan.


3. Kandang Kambing harus jauh dari pemukiman masyarakat.


Membangun kandang kambing di usahakan agar menjauh dari pemukiman. Agar dalam kita berternak kambing masyarakat tidak terganggu dengan bau dan bisingnya suara kambing pada malam hari. 


Menjauh dari pemukiman masyarakat juga bertujuan agar kambing merasa nyaman dalam beraktifitas tanpa di ganggu dengan aktifitas keseharian masyarakat baik yang lalu lalang atau yang melewati kandang kambing. 


4. Sanitasi dan kebersihan kandang kambing


faktor ini bertujuan agar kenyamanan kambing bisa terjaga dan menghindari kambing terkena penyakit. Selain itu si pemelihara juga bisa terhindar dari penyakit. 


Seperti terjangkit penyakit gatal atau yang lainnya. Untuk menjaga sanitasi dan kebersihan kandang kambing maka perencanaannya dimulai dengan membuat lantai dasar di bawah kandang kambing.


 Merencanakan Membuat kandang Kambing 




No comments

Powered by Blogger.