USAHA TERNAK SAPI PENGGEMUKAN

USAHA TERNAK SAPI PENGGEMUKAN - Penggemukan sapi adalah suatu bentuk usaha ternak sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi. Penggemukan sapi juga termasuk salah satu cara  pengusaha sapi potong dimana waktu menggemukan sapi maksimal paling lama 6 bulan. 

Dalam rentang 6 Bulan ini sapi potong di beri nutri dan makanan agar sapi potong tersebut sukses selama proses penggemukan sapi. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam usaha penggemukan sapi potong diantaranya :


USAHA TERNAK SAPI PENGGEMUKAN

1. Pemilihan bibit unggul sapi potong

Pemilihan bibi unggul mutlak untuk mendapatkan hasil maksimal dalam usaha penggemukan sapi potong. 

Ciri ciri bibit unggul sapi potong seperti :
- Usia Bakalan / Bibit unggul sapi sudah mencapai dewasa dan dipilih sapi yang berjenis kelamin jantan.
- Kisaran usia 1- 1,5 tahun
- Bobot maksimal 200 Kg
- Berbadan lurus
Dan kalau melihat dari ciri ciri fisiknya, kita bisa melihat bakalan/ bibit unggul sapi potong diantaranya ;
- sehat dan tidak cacat
- berbulu pendek dan tidak berminyak
- berbadan silindris
- Tulang rusuknya cembung
- Bentuk muka sapi potong panjang.
-Punggung sapi potong lurus
- Dan bentuk rangka sapi potong agak besar.

2, Penambahan pakan pada usaha penggemukan sapi potong

Ternak Sapi
Pakan adalah salah satu syarat untuk keberhasilan usaha penggemukan sapi potong. Karena dengan pakan yang baik jelas akan menambah berat bobot sapi bakalan penggemukan. 

Sapi potong disini di beri makan sehari 3 kali dan untuk menambah nafsu makan sapi potong maka harus memperhatikan takaran gizi yang terkandung pada sapi potong , 

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa pemberian pakan hijauan terhadap sapi potong kurang memberikan hasil yang optimal. 

Untuk memberikan hasil yang optimal maka perlu adanya penambahan pakan berbentuk konsentrat. Adapun campuran konsentrat tersebut terdiri dari :

- Dedak / Bekatul
- Hati sagu/ Batang sagu
- Tepung ikan
- Mixed Mineral
- Garam dapur
- Bungkil kelapa

Pemberian pakan untuk usaha penggemukan sapi potong harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gizi untuk mengejar laju penambahan berat badan sapi potong setiap hari. 

Untuk pemberian makan setiap harinya berjumlah 80 kg persapi perhari dengan komposisi 40 kg konsetrat dan 40 kg campuran hijauna dena dedak. 

Pemberian makan paling banyak di waktu sore hari dan pada setiap pagi hari diperlukan pemberian air sebanyak 6 ember untuk setiap ekor sapi.

= Baca Juga : Habitat Terbaik Untuk Sapi =

3. Kandang untuk penggemukan sapi potong

Sapi IntensifKandang sapi berfungsi untuk tempat perlindungan yang nyaman bagi usaha penggemukan sapi. Biasanya apabila membuat kandang untuk penggemukan modelnya harus berbentuk kandang tunggal.  

Kandang untuk penggemukan sapi harus bersih dan aman. Bersih dari penyakit dan aman dari pencurian serta kegiatan yang berbahaya.

Untuk menjaga kebersihan diharapkan kandang penggemukan sapi lantainya memakai lantai yang dipelur atau di lapisi dengan semen. dan diatasnya ditaruh jerami agar kondisi sapi potong disaat malam tidak terlalu dingin.

Selain kletiga hal tersebut diatas maka faktor terpenting adalah Pemeliharaan Sapi Potong sangat mementukan dalam menggemukan sapi.



Baca Juga ;



Selamat Bertenak

close
USAHA TERNAK SAPI PENGGEMUKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment