Manfaat Memelihara Kambing

MANFAAT MEMELIHARA KAMBING - Kambing adalah salah satu Jenis Hewan yang mempunyai keuntungan untuk di jadikan bisnis. Peternakan Kambing semakin hari semakin meningkat drastis. 

Peningkatan itu di sebabkan karena permintaan kambing yang terus menerus dan makin berkurangnya lahan untuk memelihara kambing menjadi permasalahan tersendiri. Untuk ikut terjun dalam bisnis peternakan kambing maka kita terlebih dahulu untuk mengetehui dan mengerti tentang fungsi Manfaat memeilhara kambing. Manfaat nya akan kita bahas secara singkat dan sederhana.

Untuk jenis kambing yang ada di asian memang terbilang sangat banyak, Dan biasanya para peternak Jenis kambing asli di Asia dipelihara khusus untuk :

1. Produksi susu.
2. Produksi bulu.
3. Produksi kulit.
4. Produksi daging.
5. Kesuburan dan perekembang biakan.

MANFAAT MEMELIHARA KAMBING 

Manfaat Memelihara Kambing
kambing


Kambing dikembang biakkan dan dihargai sebagai ternak potong karena konsumen menyukai kekhasan pada aroma dan rasa serta  keempukan daging kambing meskipun daging kambing sedikit berlemak.

Di Indonesia, kambing dipelihara untuk tujuan :

1. Penyedia protein hewani (susu dan daging) untuk pemenuhan gizi. Daging kambing merupakan pemasok konsumsi rumah tangga di pedesaan dan pemasok kebutuhan pasar di perkotaan.

2. Hak milik atau tabungan yang menciptakan rasa aman dan ketenangan.

3. Lapangan kerja termasuk pemanfaatan tenaga kerja keluarga yang efektif.

4. Pendapatan tambahan selain dari hasil pertanian.perkebunan.

5. Pemanfaatan limbah (mesin daur ulang alami). Kambing dapat memanfaatkan limbah pertanian dan industri hasil pertanian serta mengubahnya menjadi bahan hewani yang sangat berguna (daging, susu, kulit).

6. Penghasil pupuk kandang. Kambing turut mempertahankan kesuburan lahan pertanian dengan mengembalikan feces dan urine ke tanah.
7. Sebagai hewan percobaan di laboratorium.

Kambing digemari untuk dipelihara atau Peternak Kambing karena :

1. Ukuran tubuh tidak terlau besar dan cepat dewasa.

2. Mudah perawatannya dan pemeliharaannya karena adanya sifat menggerombol, mudah penyediaan pakan dan tidak butuh lahan yang luas.

3. Cepat berkembang biak.

4. Daya adaptasi terhadap lingkungan yang tinngi.

5. Modal untuk memulai memelihara kambing relatif tidak besar dan lebih cepat berputar.

6. Karkas kambing yang kecil lebih mudah dijual sehinnga relatif lebih cepat dikonsumsi. 

No comments

Powered by Blogger.